Wulansari, Desi Ratna (2014) Survey penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas VII di SMP Negeri se Kota Malang / Desi Ratna Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wulansari Desi Ratna. 2014. Survey Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Siswa Kelas Vii di Smp Negeri Se Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kurikulum 2013 Seni Budaya SMP Negeri Malang 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kemerosotan pendidikan yang ada di Indonesia sudah terasa bertahun-tahun hal ini tercermin dengan adanya perubahan kurikulum mulai kurikulum 1975 hingga saat kini yaitu kurikulum 2013. Di kota Malang untuk tingkat SMP semua sekolah negeri dituntut untuk menerapkan kurikulum 2013 sehingga menyebabkan beberapa kendala bagi guru seni budaya. Salah satunya karena adanya perubahan alokasi waktu standar kompetensi berubah menjadi kompetensi inti menggunakan penilaian autentik dan menggunakan metode scientific. Karena itu penelitian ini mengangkat rumusan masalah tentang bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Seni Budaya dilihat dari sudut pandang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran untuk siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Seni Budaya dilihat dari RPP proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran untuk siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan kuesioner tertutup. Populasi penelitian ini adalah guru-guru seni budaya yang mengajar kelas VII SMP Negeri se kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Area probability sampling. Subjek penelitian sebanyak 15 guru diambil dari 12 sekolah sebagai sampel dari setiap wilayah kecamatan di kota Malang. Analisis pengumpulan data mengggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru-guru seni budaya (94%) yang mengajar kelas VII SMP N se kota Malang dalam menyusun RPP dilihat dari identitas indikator tujuan materi sumber media metode kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah sudah cenderung sesuai tetapi masih ada beberapa guru yang cenderung tidak sesuai pada perumusan sumber (11%) media (18%) metode (10%) dan kegiatan pembelajaran (13%). Kemudian pada proses pembelajaran sebagian besar guru-guru seni budaya (95%) dilihat dari kegiatan pendahuluan inti dan penutup sudah cenderung sesuai tetapi masih ada beberapa guru dalam pelaksanaannya yang cenderung tidak sesuai yaitu pada kegiatan pendahuluan (9%) dan inti (mengamati (3%) tanya jawab (4%) dan mengasosiasi(10%)). Dan evaluasi pembelajaran sebagian besar guru-guru seni budaya (91%) sudah cenderung sesuai. tetapi ada beberapa guru yang masih cenderung tidak sesuai dalam penilaian sikap (18%) pengetahuan (16%) dan keterampilan (16%). 12288 12288 12288 12288 Saran bagi guru Seni Budaya agar lebih meningkatkan dalam penyusunan RPP proses dan evaluasi. Bagi Dinas Pendidikan kota Malang disarankan penelitian ini menjadi informasi dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk tingkat SMP Negeri se Kota Malang yang berbasis kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12795 |
Actions (login required)
View Item |