Pengembangan media pembelajaran menggambar ekspresi siswa kelas 1 sekolah dasar berbasis power point / Dewi Kumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran menggambar ekspresi siswa kelas 1 sekolah dasar berbasis power point / Dewi Kumalasari

Kumalasari, Dewi (2014) Pengembangan media pembelajaran menggambar ekspresi siswa kelas 1 sekolah dasar berbasis power point / Dewi Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kumalasari Dewi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Ekspresi Kelas 1 Sekolah Dasar berbasis Power Point. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Iriaji M.Pd (2) Ike Ratnawati S. Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Ekspresi Power Point Kelas 1 Sekolah Dasar Pendidikan sangat penting untuk anak-anak terutama pada masa kanak-kanak. Apabila anak diberikan stimulus yang tepat maka hal tersebut akan dapat mengembangkan potensi yang ia miliki secara optimal. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan sebelumnya di SDN Sumbersari 3 Malang diketahui guru mengalami kesulitan dalam memberikan pengalaman belajar menggambar. Selama ini dalam pembelajaran guru hanya memakai media buku sebagai sarana untuk mengajarkan siswa menggambar guru kurang mampu mengolah papan tulis dan media lain untuk mendukung proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran berbasis Power point ini bertujuan sebagai penunjang pembelajaran kompetensi menggambar ekspresi mata pelajaran pendidikan Seni Budaya kurikulum 2013 di Sekolah Dasar kelas 1. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu (1) analisis Kebutuhan (2) Perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) revisi produk awal (5) revisi produk akhir. Data diperoleh sari observasi wawancara validasi uji kelompok kecil dan angket. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Sedangkan uji kelompok kecil dilakukan pada siswa Sekolah Dasar kelas 1 yang terdiri dari 20 responden. Hasil data yang didapat bersifat kualitatif yang dianalisis sebagai masukan untuk revisi produk dan kuantitatif yang dianalisis dengan presentase kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi dua ahli media dan dua ahli materi diketahui bahwa media ini secara umum bagus namun terdapat beberapa kekurangan yang disarankan untuk direvisi. Kekurangan yang dimaksud diantaranya aialah pembenahan tampilan visual navigasi dan link yang kurang berfungsi serta materi ajar yang disediakan dalam media. Setelah melakukan analisis data dari hasil validasi dua ahli media dua ahli materi dan uji coba kelompok kecil diperoleh simpulan sebagai berikut validasi dari ahli media diperoleh nilai sebesar 89% sehingga media dinyatakan valid dari hasil ahli materi diperoleh nilai sebesar 81% sehingga materi dinyatakan valid dari hasil uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 93% sehingga dinyatakan valid. Nilai rata-rata dari ketiganya diperoleh nilai sebesar 88% dengan nilai terseut maka media ini secara keseluruhan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran menggambar ekspesi untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item View Item