Studi tentang konsep dan visualisasi tata ruang Mie Tomcat di jalan Trunojoyo Malang / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang konsep dan visualisasi tata ruang Mie Tomcat di jalan Trunojoyo Malang / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2014) Studi tentang konsep dan visualisasi tata ruang Mie Tomcat di jalan Trunojoyo Malang / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Sri. 2014. Studi Tentang Konsep dan Visualisasi Tata Ruang Mie Tomcat di Jalan Trunojoyo Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardani M.Pd (II) Drs. Anak Agung Gde Rai Arimbawa M. Sn. Kata Kunci Konsep Tata Ruang Mie Tomcat Malang 12288 12288 12288 12288 Mie Tomcat merupakan cafe recycle kayu dengan bangunan arsitektur country yang berdiri pada awal tahun 2011 berlokasi di Jalan Trunojoyo No.31 Malang. Konsep dan visualisasi tata ruang yang terlihat menarik dan kreatif dengan menggunakan bahan kayu bekas terdapat perpustakaan kecil dan gambar mural pada tata ruangnnya oleh karena itu perlu dikaji lebih jauh tentang konsep tata ruang yang melatar belakangi penciptaan/ perancangan cafe Mie Tomcat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan konsep dan visualisasi tata ruang yang melatarbelakangi perancangan tata ruang Mie Tomcat dengan mempertimbangkan beberapa elemen dasar tata ruang dan elemen estetis yang ada pada Mie Tomcat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai terdiri dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan. Dan untuk menguji keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi dan membercheck. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama visualisasi tata ruang Mie Tomcat terbagi menjadi 5 yaitu lantai dasar ruang dapur teras atau beranda lantai dua dan lantai tiga. Mie Tomcat menghadirkan ruang duduk dengan konsep terbuka recycle kayu digunakan pada elemen dasar bangunan elemen furnitur dan elemen estetis. Elemen estetis di Mie Tomcat adalah artwork yang ditempel di bagian dinding di langit-langit terdapat perpustakaan kecil di lantai satu mural bergambar stasiun di lantai dua dan aksesori berupa pot bunga yang gantung di beranda lantai dua dan tiga. Kedua Konsep bangunan dan tata ruang Mie Tomcat merupakan perpaduan antara modern minimalis dan country. Country memanfaatkan recycle kayu bekas kemasan barang yaitu kayu Mindi karena kayu tersebut memiliki serat yang jelas kuat dan tahan lama. Sedangkan modern minimalis dapat dilihat dari penataan ruang dapur yang lebih mengutamakan fungsi tidak ada pernak-pernik dekoratif dan penggunaan warna furnitur di dapur banyak menggunakan warna monokromatik hitam putih dan abu-abu. Furnitur di Mie Tomcat cenderung menggunakan bentuk bujur sangkar untuk tetap memberikan kenyamanan kepada pengunjung dapat dilakukan dengan cara menata ulang furnitur agar dapat memberikan suasana tata ruang yang baru bagi pengunjung. Kepada masyarakat umum konsep tata ruang bagunan Mie Tomcat yang inovatif dan kreatif ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam membangun sebuah bangunan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item