Penerapan metode cetak tinggi teknik kolase untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kepanjen / Nur Yayuk Harini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode cetak tinggi teknik kolase untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kepanjen / Nur Yayuk Harini

Harini, Nur Yayuk (2014) Penerapan metode cetak tinggi teknik kolase untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kepanjen / Nur Yayuk Harini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harini Nur Yayuk. 2014. Penerapan Metode Cetak Tinggi Teknik Kolase untuk Meningkatkan Hasil Karya Seni Grafis pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kepanjen. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (2) Moch. Abdul Rahman S.Sn M.Sn Kata Kunci Penerapan Metode Cetak Tinggi Teknik Kolase Seni Grafis SMP. 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Seni Budaya yang di dalamnya memuat materi Seni Rupa berfungsi untuk mengembangkan kemampuan apresiatif kreatifitas dan sensitivitas siswa. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi Seni Rupa siswa mendapatkan pembelajaran berkarya seni grafis. Tetapi dalam berkarya seni grafis siswa mengalami kesulitan karena kurang menguasai teknik dan proses berkarya seni grafis. Pembelajaran seni grafis melalui penerapan metode cetak tinggi teknik kolase diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam teknik dan proses berkarya seni grafis. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil karya siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kepanjen dalam berkarya Seni Grafis melalui Metode Cetak Tinggi Teknik Kolase. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan dalam tahapan siklus tindakan pembelajaran. Tiap tahap siklus dimulai dengan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes praktek lembar observasi wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari awal hingga akhir penelitian. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data siklus I dan siklus II diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil karya siswa mengalami peningkatan melalui penerapan metode cetak tinggi teknik kolase dalam berkarya seni grafis. Prosentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yang berkategori sangat baik 1 3% meningkat menjadi 42 8% pada siklus II berkategori baik 52 2% meningkat menjadi 57 2%. Sedangkan yang berkategori cukup 44 2% dan berkategori kurang 2 2% pada siklus I turun menjadi 0% pada siklus II. Sedangkan pada hasil karya nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 67 2 untuk perancangan 69 2 untuk pembuatan acuan dan 68 3 pada hasil reproduksi karya pada siklus II meningkat menjadi 80 1 pada perancangan 82 4 pada pembuatan acuan dan 82 3 pada reproduksi karya. Selain itu nilai yang berkategori cukup dan kurang pada siklus I tidak lagi ditemukan pada siklus II. Ketuntasan siswa berdasarkan KKM 100% tuntas. 12288 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Guru lebih termotivasi untuk menggunakan berbagai macam metode untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Kepada siswa disarankan untuk lebih meningkatkan minat dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Rupa pada materi berkarya seni grafis dan (3) Untuk mahasiswa lain yang melakukan penelitian sejenis dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam melakukan penelitian khususnya pada materi ajar berkarya seni grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item