Perbedaan soft skill siswa aktif dan tidak aktif berorganisasi di SMK Negeri 6 Malang / Reza Puji Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan soft skill siswa aktif dan tidak aktif berorganisasi di SMK Negeri 6 Malang / Reza Puji Amalia

Amalia, Reza Puji (2020) Perbedaan soft skill siswa aktif dan tidak aktif berorganisasi di SMK Negeri 6 Malang / Reza Puji Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia Reza Puji. 2019. Perbedaan Soft Skill Siswa Aktif dan Tidak Aktif Berorganisasi di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd (II) Dr. Ahmad dardiri M.Pd. Kata Kunci Soft Skill Organisasi Sekolah Menengah Kejuruan Soft skills sangat dibutuhkan lulusan untuk dapat bersaing dalam mendapatkan kerja meniti karir dalam pekerjaannya dan untuk berwirausaha sendiri. Siswa SMK baiknya mampu mengembangkan soft skill agar siap bersaing pada era global. Di SMK Negeri 6 Malang perbedaan mencolok terlihat pada soft skill siswa yang aktif dan tidak aktif mengikuti kegiatan organisasi. Sebagian besar siswa yang tidak aktif berorganisasi terlihat tidak ikut mengerjakan tugas dan hanya duduk-duduk pada saat kegiatan pramuka berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan soft skill siswa aktif dan tidak aktif berorganisasi serta perbedaan antara soft skill siswa aktif dan tidak aktif berorganisasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analasis deskriptif dan independentt-test untuk mengukur perbedaan soft skill siswa aktif berorganisasi sebagai varibel bebas (X1) dan soft skill siswa tidak aktif berorganisasi sebagai variabel bebas (X2). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 164 responden yang terdiri dari perwakilan seluruh siswa kelas XI dan XII semua Progam Keahlian dengan jumlah sampel 66 responden untuk siswa aktif berorganisasi (terdiri dari perwakilan pengurus organisasi Pramuka PMR Paskibra dan OSIS) dan 98 responden untuk siswa tidak aktif berorganisasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa soft skill siswa aktif berorganisasi dengan rerata skor 3 23 masuk kategori baik. Pada indikator kerjasama kemampuan beradaptasi kecakapan komunikasi dan keterampilan kepemimpinan masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada indikator etos kerja sopan santun disiplin dan percaya diri masuk dalam kategori baik. Soft skill siswa tidak aktif berorganisasi memiliki rerata skor 2 73 masuk kategori baik. Namun pada indikator keterampilan kepemimpinan masuk kategori cukup. Hasil uji t-tes menunjukan bahwa terdapat perbedaan soft skill antara siswa aktif dan siswa tidak aktif berorganisasi. soft skill siswa aktif berorganisasi lebih baik dibandingkan dengan soft skill siswa tidak aktif berorganisasi didukung dengan hasil rerata skor serta t-hitung 13 869.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/127885

Actions (login required)

View Item View Item