Usaha guru seni rupa dalam memanfaatkan lingkungan pada pembelajaran seni budaya: studi kasus pada SMP Negeri 1, 10, dan 13 Kota Malang / Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Usaha guru seni rupa dalam memanfaatkan lingkungan pada pembelajaran seni budaya: studi kasus pada SMP Negeri 1, 10, dan 13 Kota Malang / Sri Wulandari

Wulandari, Sri (2014) Usaha guru seni rupa dalam memanfaatkan lingkungan pada pembelajaran seni budaya: studi kasus pada SMP Negeri 1, 10, dan 13 Kota Malang / Sri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Sri. 2014. Usaha Guru Seni Rupa dalam Memanfaatkan Lingkungan Pada Pembelajaran Seni Budaya Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 10 dan 13 Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (2) Drs. AAG Rai Arimbawa M.Sn Kata Kunci Usaha Guru Memanfaatkan Lingkungan dan Seni Rupa. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses kegiatan pembelajaran memiliki posisi penting dan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Gurulah yang akan menentukan kedalaman dan keluasan pembelajaran. Penelitian ini memfokuskan pada usaha guru dalam memanfaatkan lingkungan pada pembelajaran Seni Rupa. Lingkungan sangat penting dalam pembelajaran Seni Budaya karena dapat menunjang proses belajar mengajar. Keberadaan lingkungan di sekitar SMP Negeri 1 SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 13 Malang seperti adanya perpustakaan museum pasar dan gelanggang olahraga dapat dijadikan acuan dalam mengimplementasi pembelajaran Seni Rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud usaha guru memanfaatkan lingkungan pada pembelajaran Seni Budaya tingkat SMP Negeri Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 13 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi terhadap guru Seni Rupa SMP Negeri 1 SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 13 Malang yang merupakan sasaran penelitian. Teknik analisis data yang dipakai terdiri dari tahap reduksi data penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran Seni Budaya sub bidang Seni Rupa berbasis lingkungan terdapat beberapa cara yang dilakukan dalam merencanakan materi pembelajaran guru guru mengkaji Silabus mengkaji kebutuhan dan minat peserta didik mengkaji lingkungan sekitar sekolah dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran yaitu adanya faktor internal yang terdiri dari latar belakang pendidikan dan pengalaman pendidikan guru. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kondisi sarana prasarana. Dari hasil penelitian ini disarankan guru untuk memiliki kecakapan untuk meramu materi yang akan diberikan memiliki pengetahuan yang cukup serta dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item