Persepsi mahasiswa Pendidikan Senui Rupa asngkatan 2010 tentang kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik serta konsep pendidikan seni di Universitas Negeri Malang / Gresia Yulistin Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa Pendidikan Senui Rupa asngkatan 2010 tentang kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik serta konsep pendidikan seni di Universitas Negeri Malang / Gresia Yulistin Susanto

Susanto, Gresia Yulistin (2014) Persepsi mahasiswa Pendidikan Senui Rupa asngkatan 2010 tentang kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik serta konsep pendidikan seni di Universitas Negeri Malang / Gresia Yulistin Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Gresia Yulistin. 2014. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2010 Tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik serta Konsep Pendidikan Seni di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci persepsi pendidikan seni rupa profil pendidik seni rupa konsep pendidikan seni kompetensi profesional kompetensi pedagogik Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa angkatan 2010 memiliki persepsi yang bervariasi tentang kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik serta konsep pendidikan seni yang diterapkan di sekolah umum dan sekolah kejuruan. Penelitian ini dimaksudkan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik serta Konsep Pendidikan Seni. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu berupa paparan mengenai Persepsi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik serta Konsep Pendidikan Seni. Sumber data diperoleh dari mahasiswa pendidikan seni rupa angkatan 2010 yang mana sudah menempuh mata kuliah PPL. Instrumen penjaringan data menggunakan wawancara. Analisa data menggunakan analisa interaktif meliputi reduksi data sajian data penarikan simpulan dan verifikasi. Untuk pengabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber triangulasi waktu dan triangulasi teori. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil persepsi mahasiswa yang bervariasi bahwa (1) persepsi mahasiswa pendidikan seni rupa tentang profil pendidik seni rupa yaitu harus berwawasan luas terampil bertanggungjawab menguasai bidang ilmu seni dan kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran mengerti karakter siswa menguasai teori dan praktek pembelajaran seni harus berlatarbelakang pendidikan seni dan memiliki empat kompetensi dan (2) persepsi mahasiswa pendidikan seni rupa tentang konsep pendidikan seni dari segi penularan seninya yaitu konsep pendidikan seni progresif dan tradisional yang mana di dalam progresif terdapat kontekstual dilaksanakan pada sekolah umum dan essensial dilaksanakan pada sekolah kejuruan sedangkan di dalam tradisional terdapat pencantrikan pewarisan dan sanggar seni. Diharapkan dengan adanya penelitian ini persepsi mahasiswa Pendidikan Seni Rupa tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik serta Konsep Pendidikan Seni bisa lebih mendalam lagi dan sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan seni tentunya serta dapat bermanfaat bagi seluruh pihak sebagai referensi dalam menyelenggarakan suatu pembelajaran seni budaya dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item