Pengembangan media pembelajaran berbasis buku pop-up tentang pengenalan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Yusie Fauziah Primaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis buku pop-up tentang pengenalan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Yusie Fauziah Primaningtyas

Primaningtyas, Yusie Fauziah (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis buku pop-up tentang pengenalan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Yusie Fauziah Primaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Primaningtyas Yusie Fauziah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis buku pop-up tentang Pengenalan Topeng Malangan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Purwatiningsih M.Pd Hj (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd M.Si. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran pengenalan Topeng Malangan. Sejatinya media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam pembelajaran seni budaya. Melalui media pembelajaran pengajar dapat menunjukkan apresiasi serta ekspresi secara lebih baik dalam kegiatan belajar mengajar siswa pun dapat lebih memahami materi yang diajarkan dengan bantuan dari media pembelajaran. Memperkenalkan budaya nusantara melalui senirupa kepada siswa tidaklah mudah. Topeng Malangan contohnya dibutuhkan media khusus untuk memperkenalkan Topeng Malangan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk memperkenalkan Topeng Malangan. Dalam hal ini peneliti melakukan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up Tentang Pengenalan Topeng Malangan Untuk Siswa SMP Kelas VII agar penyampaian materi tersebut dapat dimengerti dengan jelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan Pengembangan 5D dari Moeljadi Pranata 2009. Adapun langkah-langkah dari peneliti untuk pengembangan media pembelajaran tentang Pengenalan Topeng Malangan untuk Siswa SMP Kelas VII adalah sebagai berikut (1) Define (a) identifikasi masalah (b) analisis kebutuhan (c) analisis tugas. (2) Data. (a) data lapangan (b) data referensi (c) analisis-sintesis data. (3) Design (a) perancanagan produk (b) pengembangan instrumen validasi dan ujicoba. (4) Develop (a) Validasi (dua orang ahli media dua orang ahli materi.) (b) Revisi (c) Ujicoba (ujicoba kelompok kecil pada beberapa siswa kelas dari sekolah yang berbeda di Kota Malang). (5) Disseminate (a) penulisan laporan (b) penulisan artikel. Hasil evaluasi dan nilai rata-rata dari ahli media adalah 94% yang berarti hasil pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Dari hasil evaluasi dan nilai rata-rata ahli materi adalah 80% yang berarti hasil pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Kemudian hasil nilai rata-rata dari uji coba kelompok kecil adalah 87% yang berarti baik sehingga produk pengembangan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain yang tertarik dengan produk yang sama untuk melanjutkan uji coba kepada responden yang lebih besar dan revisi pada buku panduan agat produk tersebut dapat ditingkatkan lagi manfaatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item