Pengembangan ilustrasi pada buku LKS seni budaya berdasarkan kompetensi kelas VIII semester dua MTs Darul Ulum Klakah Lumajang / Wahyu, Apriadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ilustrasi pada buku LKS seni budaya berdasarkan kompetensi kelas VIII semester dua MTs Darul Ulum Klakah Lumajang / Wahyu, Apriadi

Apriadi, Wahyu (2014) Pengembangan ilustrasi pada buku LKS seni budaya berdasarkan kompetensi kelas VIII semester dua MTs Darul Ulum Klakah Lumajang / Wahyu, Apriadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apriadi Wahyu 2013. Pengembangan ilustrasi pada buku LKS Seni Budaya berdasar kompetensi kelas VIII Semester Dua MTs Darul Ulum Klakah Lumajang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (2) Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Pengembangan Ilustrasi LKS MTs. Buku Lembar Kerja Siswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan LKS merupakan sebuah buku panduan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Buku LKS sampai saat ini sering digunakan mengingat sifatnya yang memadatkan penyajian materi dan juga memiliki latihan soal yang langsung berhubungan dengan materi. Namun kenyataanya di lapangan masih ditemui beberapa buku LKS yang aspeknya masih bisa dikembangkan lebih lanjut. Semisalnya aspek ilustrasi pada LKS Seni Budaya. Tentunya hal ini bila dikembangkan akan lebih mengoptimalkan proses belajar-mengajar. Tujuan dari pengembangan ini ialah untuk menghasilkan media belajar berupa buku LKS yang ilustrainya telah dikembangkan sehingga dapat membantu baik guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar terutama di pelajaran Seni Budaya. Penelitian pengembangan ini menerapkan posedur hasil adaptasi dari Sukmadinata dipadukan dengan Borg dan Gall dengan hasil sebagai berikut 1) Studi pustaka 2) Survei kebutuhan 3) Penentuan bagian buku 4) Penyusunan ilustrasi 5) Penyusunan layout 6) Validasi 7) Revisi 1 8) Uji coba siswa 9) Revisi 2 dan 10) Hasil akhir. Untuk proses uji kelayakan dilakukan percobaan produk pada ahli ilustrasi ahli media ahli psikologi perkembangan (dalam hal ini guru Bimbingan Konseling) dan siswa. Hasil survei kebutuhan pada tahapan awal pengembangan didapati bahwa MTs Darul Ulum Klakah Lumajang terutama kelas VIII menerapkan buku LKS yang ilustrasinya bisa dikembangkan lebih lanjut. Dari hasil uji yang telah dilakukan dengan melibatkan ahli media yang menghasilkan presentase 86% ahli ilustrasi menghasilkan presentase 81 8% dan ahli psikologi perkembangan menghasilkan presentase 86%. Sedangkan untuk uji kelompok kecil menghasilkan presentase 83 2%. Dari hasil analisa tersebut mengindikasikan bahwa buku LKS Seni Budaya yang telah dikembangkan ilustrasinya layak digunakan sebagai media belajar. Untuk lebih mengotimalkan hasil pembelajaran selain guru dan siswa dituntut berperan aktif juga diperlukan dukungan dari aspek lainnya missal media belajar. Dengan begitu apa yang diharapkan dari pencapaian hasil belajar tidak hanya sekedar pengetahuan namun dalam proses belajar diharapkan jadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item