Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kompetensi mengenal dan membuat topeng untuk sekolah dasar / M. Noer Yaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kompetensi mengenal dan membuat topeng untuk sekolah dasar / M. Noer Yaqin

Yaqin, M. Noer (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kompetensi mengenal dan membuat topeng untuk sekolah dasar / M. Noer Yaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yaqin M. Noer 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kompetensi Mengenal dan Membuat Topeng Untuk Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran Powerpoint seni budaya membuat topeng. Perkembangan media pembelajaran yang ada pada Sekolah Dasar yang belum optimal sehingga membuat siswa di kelas merasa kesulitan dalam memvisualisasikan materi yang disampaikan guru menjadi sebab yang mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran untuk menjawab kebutuhan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Powerpoint dalam mata pelajaran Seni Budaya dalam kompetensi mengenal dan membuat topeng dan (2) Mengembangkan media pembelajaran yang menarik untuk dapat membuat siswa mengikuti prosedur dalam membuat topeng. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk 1974). Teori ini menjelaskan langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran yang meliputi Define (pendefinisian) Design (perancangan) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Pada teori 4D langkah terakhir yaitu tahap penyebaran akan tetapi pada pengembangan media ini dibatasi sampai tahap Develop (pengembangan). Untuk menjaring data peneliti membuat instrumen berupa angket yang diberikan kepada validator dan subyek uji coba dimana data dari jawaban yang dihasilkan akan diolah dengan metode kuantitatif dan sub-metode kualitatif dengan hasil analisis data berupa prosentase. Setelah instrumen dibuat langkah selanjutnya adalah uji coba media yang meliputi 2 ahli media yang keduanya mengambil dosen jurusan seni dan desain dan 2 ahli materi yang mengambil satu orang dosen jurusan seni dan desain dan satu orang lagi guru kelas V di SDN Suwayuwo I setelah melewati uji coba dari para ahli kemudian dilakukan uji coba perseorangan terbatas dan uji coba perseorangan yang diperluas. Hasil yang didapat dari uji coba adalah sebagai berikut (1) Ahli media memberikan penilaian keseluruhan 88% dengan revisi pada aspek penggunaan gambar warna dan animasi (2) Ahli materi memberikan penilaian 93% dengan revisi pada aspek penggunaan gambar pendukung yang disarankan untuk menambahkan gambar topeng dalam penggunaanya (3) Uji coba perseorangan terbatas memberikan penilaian rata-rata 91% dan (4) Uji coba perseorangan yang diperluas didapatkan nilai sebesar 93%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mengenal dan membuat topeng yang dikembangkan ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pendidikan Seni Budaya di Sekolah Dasar. Untuk peneliti berikutnya agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan teknik yang lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item