Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Flash untuk pelajaran gambar bentuk di MTsN Terate Sumenep / Helmiy Rohmanil Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Flash untuk pelajaran gambar bentuk di MTsN Terate Sumenep / Helmiy Rohmanil Aziz

Aziz, Helmiy Rohmanil (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Flash untuk pelajaran gambar bentuk di MTsN Terate Sumenep / Helmiy Rohmanil Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aziz Helmiy Rohmanil. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Flash Untuk Pelajaran Gambar Bentuk di MTsN Terate Sumenep. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Purwatiningsih M.Pd (II) Drs. Eko Budi Winarno. Kata Kunci media pembelajaran gambar bentuk seni budaya kelas VII Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam kegiatan pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih maksimal. Media pembelajaran dapat diartikan juga sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide gagasan atau pendapat sehingga ide gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Salah satunya dalam penyampaian materi menggambar bentuk dalam pelajaran Seni Budaya. Oleh karena itu sangat perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang mengangkat materi tentang menggambar bentuk untuk membantu pembelajaran Seni Budaya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang khusus mengangkat tentang materi menggambar bentuk dengan memanfaatkan software Macromedia Director MX 2004 berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII untuk semester gasal Standar Kompetensi Ekspresi dan pokok bahasan ditekankan pada seni rupa. Materi yang diangkat yaitu menggambar bentuk. Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan prosedural yaitu model Four-D (Define design develop dan disseminate). Telah divalidasikan kepada ahli materi ahli media dan kelompok besar. Dari hasil validasi yang telah dilakukan media pembelajaran ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Perhitungan statistik secara keseluruhan melalui validasi memperoleh skor antara lain ahli media 72 ahli materi 70 ahli dan kelompok besar 96. Revisi produk yang diperoleh diantaranya merubah layout opening penambahan video tutorial pada materi memperindah tampilan pada RPP dan penyempurnaan pada tombol navigasi. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Pendidik dapat memanfaatkan media pembelajaran ini untuk memaksimalkan pelajaran gambar bentuk. (2) Peserta didik dapat belajar dengan mandiri dan semangat di rumah karena sudah dimudahkan dengan adanya media pembelajaran ini. (3) Lembaga Sekolah memanfaatkan media ini semaksimal mungkin untuk kegiatan pembelajaran dalam pencapaian tujuan belajar yang maksimal. (4) Menjadikan media sebagai alternatif pembelajaran di sekolah agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran (5) Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item