Pengembangan media gambar ilustrasi melalui media powerpoint berbasis game pada mata pelajaran seni budaya SMP kelas VIII / Hidayatullah Aini

Aini, Hidayatullah (2014) Pengembangan media gambar ilustrasi melalui media powerpoint berbasis game pada mata pelajaran seni budaya SMP kelas VIII / Hidayatullah Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aini, Hidayatullah. 2013. Pengembangan Media Gambar Ilustrasi Melalui Media PowerPoint Berbasis Game Pada Mata Pelajaran Seni Budaya SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj, Purwatiningsih, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, S.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, game, gambar ilustrasi.     Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. langkanya media pembelajaran inovatif berbasis multi media interaktif yang mengakibatkan kurangnya minat siswa untuk bersaing serta sesuai dengan tuntutan zaman sekarang mendorong penulis untuk mengembangkan media pembelajaran pada skripsi ini.     Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi Berbasis Game ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya khususnya di Sekolah Menengah Pertama yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi serta menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa.     Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk, 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu, kelompok kecil, dan lapangan.     Rahmawati (2009) mengemukakan bahwa penerapan media permainan bisa digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Inilah yang menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis game.     Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor persentase sebesar 90%, skor persentase ini masuk dalam kualifikasi sangat valid. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor persentase sebesar 90%, skor persentase ini masuk dalam kualifikasi sangat valid. Untuk hasil validasi audien (siswa) diperoleh skor persentase sebesar 96%, skor persentase ini masuk dalam kualifikasi sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar ilustrasi yang dikembangkan ini sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pendidikan Seni Budaya di SMP.     Spesifikasi produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah: CD pembelajaran, tipe produk media digital, memaparkan materi tentang pengetahuan gambar ilustrasi terkini, tampilan slide interaktif dan animasi, teknik pembuatan komputerisasi, perangkat lunak yang digunakan Microsoft Office PowerPoint.     Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar ilustrasi yang dikembangkan ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pendidikan Seni Budaya di SMP. Disarankan untuk peneliti berikutnya dapat dikembangkan dengan model lain yang lebih kreatif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item