Pendapat siswa tentang pembelajaran apresiasi seni rupa pada pelajaran seni budaya siswa kelas VII-C di SMPN 13 Malang / Rudy Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendapat siswa tentang pembelajaran apresiasi seni rupa pada pelajaran seni budaya siswa kelas VII-C di SMPN 13 Malang / Rudy Hariyanto

Hariyanto, Rudy (2013) Pendapat siswa tentang pembelajaran apresiasi seni rupa pada pelajaran seni budaya siswa kelas VII-C di SMPN 13 Malang / Rudy Hariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hariyanto Rudy. 2013. Pendapat Siswa Tentang Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Pada Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII-C Di SMPN 13 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Indrawati M.Pd (2) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Pendapat Siswa Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Pada Pelajaran Seni Budaya. 12288 12288 12288 12288 Apresiasi Seni merupakan suatu proses sadar yang dilakukan seseorang dalam menghargai dan memahami karya seni. Mengapresiasi adalah sebuah proses untuk menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalam karya seni (Bahari 2008 148). Pembelajaran Seni Budaya aktivitas apresiasi dan ekspresi seni merupakan kompetensi yang harus dicapai karena tercantum sebagai Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jadi kedua kompetensi tersebut harus terjabar di setiap RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pada hakekatnya kompetensi pembelajaran Seni Budaya yang berupa Apresiasi Seni adalah suatu kompetensi yang harus dikuasai dan diterapkan oleh siswa dalam pembelajaran Seni Budaya. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian tentang pelaksanaan kompetensi dasar apresiasi Seni Budaya di SMP Negeri 13 Malang ini dirasa perlu untuk dilaksanakan dengan mengambil judul Pendapat Siswa Tentang Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Pada Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII-C di SMPN 13 Malang . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran apresiasi Seni Rupa pada pelajaran Seni Budaya siswa kelas VII-C di SMPN 13 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Bersifat deskriptif karena hanya bertujuan untuk menggambarkan data apa adanya secara statistik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa (a) seluruh siswa kelas VII-C di SMP Negeri 13 Malang menganggap pembelajaran Seni Budaya penting dan menarik (b) sebagian besar siswa kelas VII-C di SMP Negeri 13 Malang sudah memahami kegiatan dan pembelajaran apresiasi seni rupa. Dan sebagian kecil siswa belum memahami pembelajaran apresiasi seni rupa karena siswa masih merasa kesulitan memaknai maksud dari karya seni yang diamati (c) seluruh siswa kelas VII-C di SMP Negeri 13 Malang tertarik dan merasa senang jika hasil karyanya di apresiasi oleh orang lain siswa juga memiliki keinginan untuk mengetahui lebih dalam makna atau arti dari karya seni yang diapresiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item