Pembelajaran apresiasi seni rupa pada mata pelajaran seni dan budaya kelas VII di SMP Negeri 4 Malang / Achmad Faizal Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran apresiasi seni rupa pada mata pelajaran seni dan budaya kelas VII di SMP Negeri 4 Malang / Achmad Faizal Wahyudi

Wahyudi, Achmad Faizal (2013) Pembelajaran apresiasi seni rupa pada mata pelajaran seni dan budaya kelas VII di SMP Negeri 4 Malang / Achmad Faizal Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyudi Achmad Faizal. 2013. Kegiatan Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa pada Mata Pelajaran Seni dan Budaya Kelas VII di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Drs. Didiek Rahmanadji Kata Kunci pembelajaran apresiasi seni rupa SMP Negeri 4 Malang Apresiasi seni adalah sebuah proses atau aktivitas pengamatan atau tindakan untuk mengamati memahami menikmati serta menginterpretasikan tata nilai (makna) yang terkandung didalam sebuah objek seni atau karya seni yang berkaitan dengan kualitas fisik (wujud) yang menumbuhkan dorongan untuk mengamati menghargai menilai serta menikmati. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau tentang profil guru seni budaya dan kegiatan pembelajaran apresiasi karya seni rupa di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara dokumentasi dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut Pertama Kondisi (profil) guru bidang studi seni budaya di SMP Negeri 4 Malang adalah Bapak Supriadi M.Pd Beliau lahir di kota Malang pada tangga l 5 juni 1961. Alumni dari Universitas Negeri Malang (UM) yang dulunya bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Negeri Malang) program studi pendidikan seni rupa angkatan tahun1981. Kedua kegiatan pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 4 Malang guru perpedoman pada sebuah RPP yang dibuat setiap tahun ajaran baru. Akan tetapi RPP tersebut memiliki sejumlah kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut ketiadaannya rumusan indikator atau tujuan yang merupakan penjabaran konkret dari SK dan KD. Substansi kegiatan inti tidak spesifik dan cenderung berorientasi pada aktivitas guru. Proses penyampaian materi apresiasi seni rupa guru menjelaskan secara lisan dan tanpa menggunakan media penunjang apapun selain karya siswa dan tidak sesuai dengan isi RPP. Guru menerapkan model pembelajaran apresiasi melalui telaah karya dan Model reproduksi karya. Guru tidak menerapkan metode demonstrasi seperti tercantum dalam RPP melainkan cenderung pada metode ceramah dan motode kerja kelompok. Tehnik penilaian dilakukan guru dengan 2 cara yaitu penilaian proses dan hasil berupa sebuah tugas apresiasi seni rupa secara kelompok di kelas dan penugasan berupa penyusunan kliping secara kelompok. Format penilaian menggunakan model penilaian check list berupa lembar yang berisi sejumlah aspek atau indikator yang harus dicapai siswa dengan simbol nilai atau angka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item