Analisis Potensi Penyajian Prosedur Buku Teks Matematika Singapura Materi Fungsi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Potensi Penyajian Prosedur Buku Teks Matematika Singapura Materi Fungsi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.

Faradina, Apriliana Tezha Eka (2019) Analisis Potensi Penyajian Prosedur Buku Teks Matematika Singapura Materi Fungsi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyajian prosedur pada buku teks matematika Singapura dan potensinya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Buku teks matematika yang digunakan yaitu New Syllabus Mathematics (NSM) 7th Edition jilid 1, 2, 3 dan 4. Bab yang dikaji terbatas pada materi fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis. Pedoman analisis digunakan untuk mengungkap potensi penyajian prosedur pada buku teks matematika Singapura dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis yang dimaksud yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pada materi fungsi dalam keseluruhan judul pada buku teks matematika Singapura jilid 1, 2, 3, dan 4 disajikan dalam bentuk investigation dan worked example. Terdapat tiga belas penyajian investigation dan dua puluh tiga penyajian worked example dalam keseluruhan jilid buku teks matematika Singapura. Terdapat sepuluh judul investigation yang penyajian prosedurnya berupa instruksi dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan konsep yang akan ditemukan. Kesepuluh judul investigation mampu mendorong siswa untuk menggunakan dan mengekplorasi sumber online, software tentang grafik dan spreadsheet. Keseluruhan judul worked example disajikan berupa permasalahan dan prosedur penyelesaiannya. Permasalahan pada worked example disajikan berupa kalimat, grafik, gabungan antara kalimat dan tabel serta gabungan antara kalimat dan grafik. Penyajian prosedur (investigation dan worked example) materi fungsi pada keseluruhan buku teks matematika Singapura jilid 1, 2, 3, dan 4 berpotensi meningkatkan kemampuan interpretasi dan analisis. Namun tidak semua judul pada buku teks matematika Singapura berpotensi meningkatkan kemampuan evaluasi, karena terdapat beberapa judul yang belum mendorong siswa untuk memberikan alasan logis. Begitu juga dengan kemampuan inferensi, tidak semua judul berpotensi meningkatkan kemampuan inferensi karena terdapat beberapa judul yang belum mampu mendorong siswa menunjukkan bukti dan membuat prosedur sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisis isi, buku teks matematika Singapura, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item