Studi tentang pelaksanaan pembelajaran materi fotografi kelas VIII MTs Negeri Kalibaru Kabupaten Banyuwangi / Hardian Fajar Shodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran materi fotografi kelas VIII MTs Negeri Kalibaru Kabupaten Banyuwangi / Hardian Fajar Shodiq

Shodiq, Hardian Fajar (2013) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran materi fotografi kelas VIII MTs Negeri Kalibaru Kabupaten Banyuwangi / Hardian Fajar Shodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shodiq Hardian Fajar. 2013. Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Materi Fotografi Kelas VIII MTs Negeri Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Drs. Didiek Rahmanadji. Kata Kunci Pembelajaran fotografi MTs Banyuwangi. 12288 12288 12288 12288 MTs Negeri Kalibaru merupakan salah satu sekolah yang mengajarkan materi fotografi kepada peserta didik pada mata pelajaran seni budaya. Materi pembelajaran fotografi yang diajarkan di MTs Negeri Kalibaru ini baru pertama kali diajarkan dan dalam kegiatan pembelajaran fotografi ini menggunakan kamera lubang jarum. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran fotografi di kelas VIII MTs Negeri Kalibaru (2) Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran fotografi di kelas VIII MTs Negeri Kalibaru (3) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran fotografi di kelas VIII MTs Negeri Kalibaru (4) Apa faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan pembelajaran fotografi di kelas VIII MTs Negeri Kalibaru. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi dan faktor pendorong penghambat pelaksanaan pembelajaran fotografi di MTs Negeri Kalibaru yang berlokasi di Jl. Jember No 124 Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti meliputi guru mata pelajaran seni budaya siswa kelas VIII kepala sekolah dan ketua komite sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data sajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran materi fotografi meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran komponen-komponen perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah lengkap dan mengacu dengan kurikulum yang ada. 2) Pelaksanaan pembelajaran materi fotografi yang dilakukan guru meliputi tiga tahap yang pertama kegiatan pendahuluan kedua kegiatan inti dengan menggunakan pendekatan manajemen kelas proses dan kooperatif sedangkan metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan kerja kelompok tahap ketiga yaitu kegiatan penutup. 3) Penilaian pada materi fotografi ini menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil dalam penilaian proses guru menggunakan cara pengamatan sedangkan dalam penilaian hasil guru menilai dengan penilaian produk 4) Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran fotografi yaitu siswa kepala sekolah komite sekolah dan orang tua yang menjadi faktor penghambatnya yaitu guru dan sarana prasarana yang meliputi ruang percetakan serta kelengkapan bahan peralatan untuk mencuci klise sehingga siswa tidak mendapatkan pengalaman mencetak klise. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada lembaga pendidikan khususnya MTs Negeri Kalibaru supaya memperhatikan kelengkapan fasilitas pembelajaran dan kompetensi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item