Studi desain kerajinan rotan "Sakura Indah Rotan" di Balearjosari, Malang / Maulidia Septiani Marsudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi desain kerajinan rotan "Sakura Indah Rotan" di Balearjosari, Malang / Maulidia Septiani Marsudi

Marsudi, Maulidia Septiani (2013) Studi desain kerajinan rotan "Sakura Indah Rotan" di Balearjosari, Malang / Maulidia Septiani Marsudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marsudi Maulidia Septiani. 2013. Studi Desain Kerajinan Rotan Sakura Indah Rotan di Balearjosari Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Ike Ratnawati S. Pd M.Pd. Kata kunci kerajinan rotan desain anyam Sakura Indah Rotan. 12288 12288 12288 12288 Sakura Indah Rotan merupakan salah satu dari sekian banyak industri kerajinan rotan yang ada di Balearjosari Malang Jawa Timur. Sakura Indah Rotan mampu bersaing dengan industri rotan di sekitarnya dengan terus menampilkan desain-desain baru agar tidak monoton baik desain bentuk dan bahannya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan latar belakang tersebut masalah pokok yang diajukan penelitian ini secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut (1) Bagaimanakah desain kerajinan rotan yang diproduksi oleh Sakura Indah Rotan di Balearjosari-Malang (2) Bagaimanakah proses pembuatan produk kerajinan rotan di Sakura Indah Rotan Balearjosari-Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan prosedur pengumpulan data yang dipakai adalah observasi wawancara dan mengkaji dokumen dan arsip. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan datanya dilakukan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Dan analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama tentang bagaimana desain dari kerajinan rotan yang diproduksi oleh Sakura Indah Rotan . Desain yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup desain bentuk desain motif yang dihasilkan dari teknik pengerjaannya dan warnanya. Desain bentuk kerajinannya mengadopsi dari bentuk geometris dan non geometris atau berupa benda-benda alam dan tetap memenuhi prinsip 3F. Untuk motif anyaman yang terdapat pada produk kerajinan rotan tersebut antara lain motif jruno kembar teralis ruwet bunderan dan truntum. Sementara warna yang ditampilkan merupakan warna kombinasi yang membentuk suatu komposisi warna yang indah yang mampu menghasilkan kesan estetik pada konsumen. Kedua tentang bagaimana proses pembuatan produk kerajinan rotan di Sakura Indah Rotan . Secara garis besar ada tiga tahap dalam pembuatan produk kerajinan yaitu tahap persiapan tahap proses dan tahap akhir. Diawali dengan tahap persiapan dimana dalam tahap ini adalah dengan mempersiapkan alat bahan dan kerangka produk yang diperlukan dalam proses pembuatan produk. Selanjutnya adalah tahap proses pembuatan dalam tahap ini ada lima macam teknik pengerjaannya yaitu teknik rangkai tempel anyaman bidang anyaman kerangka dan anyaman gabungan. Dan yang terakhir adalah finishing dengan tujuan mendapatkan produk yang lebih sempurna dengan cara menyemprotkan politur transparan pada produk yang akan difinishing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12737

Actions (login required)

View Item View Item