Studi tentang desain motif batik dalam pembelajaran seni budaya siswa kelas X SMA Negeri 1 Situbondo / Ariyandini Rizka Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang desain motif batik dalam pembelajaran seni budaya siswa kelas X SMA Negeri 1 Situbondo / Ariyandini Rizka Pramono

Pramono, Ariyandini Rizka (2013) Studi tentang desain motif batik dalam pembelajaran seni budaya siswa kelas X SMA Negeri 1 Situbondo / Ariyandini Rizka Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Desain Motif Batik Seni Budaya Situbondo SMA. Salah satu produk seni dan budaya khas Indonesia yang memiliki keragaman dan daerah persebaran adalah batik. Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang tidak diragukan lagi nilai estetik filosofis fungsional dan keasliannya. Kabupaten Situbondo sebagai daerah pesisir utara Jawa Timur memiliki motif-motif batik pesisiran yang berbeda dari daerah pesisir yang lain. Pada kurikulum pembelajaran Seni Budaya siswa kelas X SMAN 1 Situbondo materi batik hanya sebatas pemberian teori dan praktek mendesain motif batiknya sebagai usaha untuk melestarikan budaya batik daerah setempat untuk itu perlu diungkap lebih lanjut mengenai bagaimana desain batik dengan menerapkan unsur dan prinsip desain proses penciptaan desain dan ragam motif batik karya siswa kelas X SMAN 1 Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain motif batik dalam pembelajaran Seni Budaya siswa kelas X SMAN 1 Situbondo yang didalamnya terdapat unsur-unsur desain prinsip desain proses penciptaan desain dan visualisasi ragam motif batik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif berupa paparan data mengenai desain motif batik dalam pembelajaran Seni Budaya siswa kelas X SMAN 1 Situbondo yang diperoleh dari observasi langsung dan data sekunder dari berbagai sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap deskripsi analisis formal interpretasi dan evaluasi/keputusan. Hasil penelitian ini berupa (1) desain motif batik yang dibuat siswa kelas X menggunakan unsur-unsur desain yang berupa titik (terdapat pada isen-isen motif) garis (lurus zig-zag lengkung) bidang (geometrik dan non geometrik) dan warna (2) prinsip-prinsip desain berupa prinsip kesatuan keseimbangan irama dan emphasis sehingga tercipta tatanan karya yang bernilai estetis (3) proses penciptaan desain motif batik siswa menggunakan media dengan mengamati berbagai literatur yang berupa buku maupun memanfaatkan sarana internet membuat sketsa desain mengkonsultasikan kepada guru membuat desain motif batik secara utuh (4) visualisasi ragam motif batik karya siswa ditemukan motif Kawung motif Tumpal motif Meander motif bunga daun lung sulur dan buketan motif ikan motif kerang dan keong motif kuda laut dan bintang laut motif cumi dan ubur-ubur motif ayam sayap garuda dan kupu-kupu serta motif awan. Adapun isen-isen yang ditemukan pada desain berupa isen-isen kreasi yang diwujudkan dalam berbagai bentuk yaitu jejak kaki hewan gelembung air bentuk hati kerang perahu dan bentuk daun. Agar maksud dan tujuan materi mendesain batik ini dapat tersalurkan dengan baik hendaknya dalam membuat desain siswa diberikan tema tertentu tidak sebagai keahlian akan tetapi sebagai kreativitas untuk bisa berkarya desain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item