Studi desain kerajinan kain perca pelangi craft di Singosari Malang / Larasti Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi desain kerajinan kain perca pelangi craft di Singosari Malang / Larasti Putri

Larasti, Putri (2013) Studi desain kerajinan kain perca pelangi craft di Singosari Malang / Larasti Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Desain Kerajinan Kain Perca Pelangi Craft Singosari Malang. Kerajinan kain perca sudah sangat terkenal di Indonesia banyak pengrajin yang menciptakan produk dari bahan kain perca ini. Di Malang sendiri ada beberapa rumah produksi yang mengolah kain perca menjadi produk yang bernilai jual salah satunya adalah Pelangi Craft yang terletak di Singosari Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan alat dan bahan yang digunakan proses pembuatan dan hasil desain produk kerajinan kain perca di Pelangi Craft. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari narasumber pemilik Pelangi Craft benda dan beragam gambar produk kerajinan kain perca serta dokumen dan arsip yang berkaitan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada Ir. E. Noor Suryanti dan karyawan Pelangi Craft. Teknis analisis data dimulai dari reduksi data kemudian disajikan pada tahap sajian data. Selanjutnya ditarik kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dari temuan yang telah diperoleh dimulai dari trianggulasi data trianggulasi metode dan trianggulasi teori. Berdasarkan analisis diperoleh empat simpulan hasil penelitian. Pertama mengenai proses perancanaan desain bahwa dalam perencanaannya dimulai dari menentukan bentuk ukuran desain pola biayas alat dan bahan serta fungsi kegunaan produk. Kedua tentang alat dan bahan yang digunakan bahwa alat yang digunakan berupa alat khusus yaitu mesin jahit dan alat dasar berupa alat-alat pendukung yang digunakan dalam proses pembuatannya. Sedangkan bahan yang digunakan berupa bahan utama kain perca dan kain yang digunakan dalam proses pengaplikasiannya. Sedangkan bahan pendukungnya adalah bahan yang melengkapi dalam proses finishing produknya. Ketiga yaitu proses pembuatan bahwa dalam proses pembuatannya melalui tiga tahapan yaitu tahap awal tahap inti dan tahap akhir. Dalam proses pembuatannya menggunakan teknik jahit perca yang berbeda-beda menyesuaikan dengan pola yang dipakai. Keempat mengenai hasil produk bahwa produk yang dihasilkan dipengaruhi oleh unsur-unsur desain yang melengkapi keestetikaan produk yang dihasilkan. Selain unsur desain masih ada faktor-faktor desain yang mempengaruhi hasil desain produknya yaitu faktor performansi faktor fungsi faktor produksi faktor pemasaran dan faktor kepentingan produsen. Kemudian yang terakir dipengaruhi nilai-nilai produk yaitu ada nilai ekonomi dan nilai fungsi kerajinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item View Item