Pengembangan Trainer Kendali Tangki Cairan Berbasis Smart Relay untuk Siswa Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Trainer Kendali Tangki Cairan Berbasis Smart Relay untuk Siswa Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK.

Rofiq, Arta Ainur (2019) Pengembangan Trainer Kendali Tangki Cairan Berbasis Smart Relay untuk Siswa Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMK merupakan salah satujenjangpendidikantingkatmenengah yang mempersiapkan peserta didik memiliki keterampilan tertentu sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Keterampilan peserta didik didapatkan melalui pembelajaran praktikum yang dilakukan selama di sekolah. Oleh karena itu fasilitas yang ada di sekolah secara bertahap harusnya dilengkapi guna mengasah keterampilan para pesertadidik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan dengan ketua jurusan teknik ketenagalistrikan di SMKN 3 Jombang didapatkan informasi bahwasanyabelum tersedianya trainer yang menunjang praktikum kendali level cairan. Berdasarkan permasalahan tersebut,makadikembangkanlah media pembelajaran berupa trainer kendali tangki cairan. Pengembangan trainer tersebut didukung dengan KIKD pada kurikulum 2013 revisi 2017 yaitu :kompetensi dasar 3.12 yaitu siswa mampu melakukan pemasangan instalasi sistem kontrol dengan PLC dan kompetensi dasar 4.12. yaitu menginstalasi PLC sebagai pengendali sistem otomasi industri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi dimana merujuk dari tiga model pengembangan yang sudah ada meliputi : ADDIE, Dick And Carey dan Borg and Gall. Langkah-langkah dari model pengembangan tersebut dirujuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut langkah-langkah model pengembangan modifikasi meliputi : 1) identifikas imasalah; 2) pengumpulan data; 3) perumusan tujuan; 4) desain produk; 5) validasi desain; 6) revisi desain; 7) Pengembangan; 8) uji coba produk; 9) revisi produk; 10) uji coba pemakaian; 11) revisi uji coba pemakaian; 12) produk akhir. Subyek uji coba dalam penelitian ini terdapat 2 macam yaitu validator dan siswa kelas XII TOI yang sedang menempuh matapelajaran SKT. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari skor angketdari validator dan siswa. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari kritik dan saran yang membangun baikdari validator maupun siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan nilai persentase kelayakan trainer sebesar 93% dengan keterangan sangat valid dan dapat langsung digunakan tanpa perlu revisi. Kelayakan jobsheet memperoleh nilai persentase sebesar 94% dengan keterangan sangat valid dan dapat langsung digunakan tanpa perlu revisi. Kelayakan buku panduan memperoleh nilai persenta sesebesar 94% dengan keterangan sangat valid dan dapat langsung digunakan tanpa perlu revisi. berdasar kan pemaparan dari hasil data tersebut, trainer kendali tangki cairan berbasis smart relay untuk siswa program keahlian TOI di SMK dinyatakan sangat valid dan layak untukdigunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Trainer KendaliTangkiCairan, Smart Relay , Teknik OtomasiIndustri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:39
Last Modified: 01 Mar 2022 04:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item