Studi tentang lukisan pelepah pisang karya Supadji Sahar di Kota Mojokerto / Totok Subiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang lukisan pelepah pisang karya Supadji Sahar di Kota Mojokerto / Totok Subiyanto

Subiyanto, Totok (2013) Studi tentang lukisan pelepah pisang karya Supadji Sahar di Kota Mojokerto / Totok Subiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci lukisan pelepah pisang Supadji Sahar Mojokerto Dalam perkembangan seni lukis banyak material yang memungkinkan untuk diwujudkan sebagai medium rupa sesuai kreativitas dan keterampilan seni-man demikian halnya dengan karya Supadji Sahar. Supadji Sahar merupakan seniman kreatif yang memanfaatkan pelepah pisang sebagai bahan untuk me-wujudkan ide dalam bentuk lukisan. Karya Supadji mempunyai keunikan karena mengangkat realita lingkungan sekitar untuk mengungkap suatu keindahan alam dan perwujudannya timbul seperti relief dan mempunyai warna dan tekstur alami dari bahan pelepah serat dan bonggol pisang. Untuk itu perlu diungkap lebih lanjut mengenai latar belakang dan tujuan penciptaan karakteristik proses pen-ciptaan dan makna yang terkandung pada lukisan pelepah pisang karya Supadji Sahar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang dan tujuan penciptaan karakteristik proses penciptaan dan makna lukisan pelepah pisang Supadji Sahar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data berupa kata-kata dan tindakan dalam proses berkarya lukis serta sumber tertulis dari Supadji Sahar. Pengumpulan data di-lakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data dimulai dari tahap reduksi paparan dan penarikan kesimpulan. Kemudian di-lakukan trianggulasi sumber data untuk menjaga keabsahan data. Hasil analisis data tersebut diperoleh latar belakang penciptaan karya Supadji Sahar dipengaruhi oleh bakat lingkungan kebudayaan pengalaman ber-karya seni dan material lukis. Dalam berkarya Supadji Sahar mempunyai tujuan mencari kepuasan batin dan ketenangan jiwa. Karakteristik lukisan Supadji menggambarkan perwujudan objek pemandangan alam. Lukisannya banyak me-nampilkan unsur garis kaligrafi bentuk seperti relief dengan objek non geometri. Teknik perwujudan lukisan termasuk dalam corak naturalis dengan menggunakan teknik tempel. Warna yang digunakan cenderung terbatas yaitu berwarna coklat hanya perbedaan gelap terang saja atau value dan mempunyai tekstur nyata yang alami dari pelepah serat dan bonggol. Proses penciptaan diawali penemuan ide persiapan alat dan bahan pembuatan bidang penempelan pengeringan dan finishing. Lukisan Supadji mengandung nilai tentang hubungan manusia dengan tuhan manusia dengan manusia manusia dengan lingkungan alam. Manusia tidak boleh mudah putus asa dalam menghadapi masalah selalu bersyukur dan senantiasa hidup sederhana. Serta kita harus mencintai dan melestarikan kesenian Wayang kulit yang merupakan kebudayaan bangsa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan Supadji selalu tetap eksis berkarya dan menghasilkan tema-tema lukisan yang lebih bervariasi lagi. Kepada peneliti selanjutnya digunakan untuk acuan dan perbandingan dan bisa dikem-bangkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item