Analisis proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso / Mochamad Taufiq Nurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso / Mochamad Taufiq Nurrohman

Nurrohman, Mochamad Taufiq (2013) Analisis proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso / Mochamad Taufiq Nurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurrohman Mochamad Taufiq. 2013. Analisis Proses Produksi Kerajinan Kuningan Cindogo Bondowoso. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Drs. Andi Harisman Kata Kunci analisis proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso Proses produksi kerajinan kuningan ini merupakan peninggalan nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun dengan proses dari limbah kuningan yang diolah menjadi barang baru yang bernilai seni tinggi. Kerajinan kuningan dalam penciptaannya bertujuan mengangkat rasa berbudaya dan sebagai mata pencaharian serta kebutuhan fungsional sehari-hari. Kerajinan kuningan ini perlu diketahui bagaimana proses produksinya mulai dari proses awal hingga akhir. Karena dalam proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso berbeda dengan pembuatan kerajinan kuningan di kota lain dan masih terbilang tradisional. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal tentang proses produksi kerajinan kuningan di Cindogo Bondowoso mulai dari tahap proses pra produksi sampai proses finishing yang proses produksinya masih tradisional dan sedikit paparan tentang contoh produk dan desain kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Tahap analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama proses pra produksi kerajinan kuningan yang digunakan sebagai awal mula persiapan pembuatan produk kerajinan kuningan pra produksi kerajinan kuningan ini berawal mula dari pembuatan bentuk desain/pola yang akan dibuat dengan menggunakan lilin malam beserta bahan yang digunakan sebagai proses pra produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso. Kedua proses produksi kerajinan kuningan Cindogo Bondowoso ini mengambil dari limbah-limbah kuningan sebagai proses pembentukan produk kerajinan kuningan yaitu yang disebut sebagai pengecoran kuningan. Ketiga proses finishing kerajinan kuningan berawal dari pembentukan pola desain ukuran pada produk kerajinan kuningan yang telah selesai dan tinggal dilakukan proses pewarnaan sesuai dengan desain yang akan dibuat. Disarankan dari hasil penelitian ini agar pengrajin terus menggali ide-ide baru untuk menciptakan perkembangan baru dari proses produksi maupun desainnya. Penelitian ini perlu diadakan tindak lanjut lagi dalam penelitian yang serupa tetapi pada sasaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item View Item