Pengembangan buku penunjang kriya makrame sebagai bahan pengayaan seni budaya di SMP / Ella Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku penunjang kriya makrame sebagai bahan pengayaan seni budaya di SMP / Ella Agustina

Agustina, Ella (2013) Pengembangan buku penunjang kriya makrame sebagai bahan pengayaan seni budaya di SMP / Ella Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Kriya Makrame Buku Penunjang Kriya Makrame merupakan salah satu materi praktik yang terdapat pada mata pelajaran Seni Budaya ditingkat SMP kelas VIII. Kriya makrame dikenal sebagai seni kriya tekstil dapat diaplikasikan dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Proses pembuatan karya makrame mempunyai beragam teknik. Dalam setiap teknik perlunya pembahasan yang mendetail runtut dan jelas.Oleh karena itu guru tidak mungkin menyampaiakan materi tersebut dengan menggunakan metode ceramah. Jika hal itu dilakukan akan mengakibatkan terjadi pengembangan pengetahuan yang verbalistik dimana siswa mampu menyebutkan pengetahuan yang diperolehnya kembali tanpa memahami maknanya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media berbasis buku penunjang. Model pengembangan yang digunakan yaitu menurutmodifikasi tahapan Borg dan Gall (1983) yaitu tahapan pertama mengidentifikasi kebutuhan membuat draf produk awal konsultasi draf produk awal uji coba ahli revisi dan tahapan terakhir ujicoba kelompok kecil. Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk menggunakan ujikelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan instrumenwawancara dan instrumen angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari proses pengembangan ini menghasilkan perangkat atau media berupa buku penunjang makrame.Produk telah melalui tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 3Malang. Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi dan uji kelompok kecil diperoleh data 67 6% untuk ahli media 79 9% untuk ahli materi 96 2% untuk uji kelompok kecil. Revisi yang dilakukan setelah uji validasi yaitu meliputi revisi sampul layout pada isi buku ukuran gambar dan tata letak gambar. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan media pembalajaran ini mempunyai kelebihan yaitu materi yang disajikan dalam buku ini mengacu pada kurikulum KTSP 2006 pada materi ditampilkanfoto dan keterangan foto dilengkapi dengan penugasan soal individu dan kelompok serta uji kompetensi pemahaman dan praktik. Adapun kelemahan dari buku ini adalah bahasa kurang komunikatif dan kurangnya ilustrasi pada buku. Menurut hasil penelitian ini dapat disarankan agar para pengembang yang tertarik pada pengembangan ini hendaknya menindak lanjuti pada proses uji coba dengan subyek sampel uji coba yang lebih luas serta merevisi buku ini agar buku ini lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item