Studi kasus motif batik produksi industri batik " Nakatatimico" di kota Probolinggo / Endri Eko Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus motif batik produksi industri batik " Nakatatimico" di kota Probolinggo / Endri Eko Wicaksono

Wicaksono, Endri Eko (2013) Studi kasus motif batik produksi industri batik " Nakatatimico" di kota Probolinggo / Endri Eko Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci batik motif batik probolinggo di Nakatimico perkembangan motif batik produksi Nakatimico Batik adalah salah satu warisan budaya nenek moyang bagi bangsa Indonesia. Karena itulah seyogyanya Pemerintah dan masyarakat saling bahu-membahu untuk melestarikan warisan budaya ini. Batik kemudian diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Timur kota Probolinggo saat ini sedang mengembangkan kerajinan Batik. Batik khas Probolinggo merupakan hal baru yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah masyarakat dan para pengrajin batik di Probolinggo. Meskipun tergolong baru namun batik Probolinggo sudah mempunyai banyak prestasi. Nakatimico Batik adalah salah satu penyumbang prestasi tersebut. Yaitu sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) sekaligus sekolah pelatihan batik bagi para remaja-remaja putus sekolah. Tujuan penelitian secara rinci adalah (1) Mengidentifikasi motif batik Probolinggo produksi Nakatimico dan (2) Mengetahui perkembangan motif batik produksi Nakatimico. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tulisan hasil wawancara dan gambar visual berupa aktifitas dan hasil karya batik Nakatimico. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama motif-motif batik Probolinggo karya Nakatimico merupakan batik modern. Dan jika dilihat dari ragam corak dan warna yang digunakan merupakan batik pesisiran. Dari segi bentuk motifnya motif-motif pada batik karya Nakatimico adalah motif-motif non-geometris. Dikarenakan tidak ada unsur bentuk atau bangun di dalam motifnya. Kedua Nakatimico dalam pengembangan motifnya selalu melakukan inovasi setiap bulannya. Dari bulan Februari sampai bulan Desember motif batik karya perajinnya semakin rumit. Saat ini para perajin sedang belajar membuat motif batik gunung bromo. Bentuk-bentuk pada motif semakin detail dan bervariasi. Selain pengembangan motif Nakatimico juga mempelajari ilmu desain batik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item