Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar wirausaha santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar / Vicky Husna Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar wirausaha santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar / Vicky Husna Amalia

Amalia, Vicky Husna (2019) Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar wirausaha santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar / Vicky Husna Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia. Vicky Husna. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wirausaha Santri Nurul Ulum Kota Blitar. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi M.E. Kata Kunci Project Based Learning hasil belajar wirausaha santri Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memberikan pembelajaran dengan dasar agama Islam dengan tujuan mengembangkan nilai dan moralitas sehingga memiliki kecerdasan lahir maupun batin. Namun dengan berbagai tantangan global seperti persaingan kerja menuntut pondok pesantren untuk menciptakan inovasi pembelajaran salah satunya dengan mengembangkan pembelajaran wirausaha yang diintegrasikan ke dalam kegiatan pendidikan kepada santrinya. Oleh karena itu perlu diimplemntasikannya model pembelajaran yang tepat yaitu model Project based learning untuk meningkatkan hasil belajar wirausaha sehingga tujuan pembelajaran dapat diterima secara utuh oleh santri. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan sebagai peningkatan hasil belajar wirausaha santri melalui analisa penilaian aspek hard skill (kognitif dan psikomotor) serta soft skill (afektif) yang didapatkan setelah diimplementasikannya model PjBL. Sedangkan pendakatan kualitatif digunakan untuk menganalisa pelaksanaan model PjBL dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini dilakukan 3 tahapan yaitu tahap pra penelitian tindakan Siklus I dan II dengan sebyek penelitian santri pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar yang mengikuti ekstrakulikuler tata boga dan tata busana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketrampilan wirausaha santri secara klasikal dilihat dari ketuntasan tes aspek hard skill kognitif yang meningkat sebesar 25% untuk tata boga dan 18% untuk tata busana. Ketuntasan klasikal pada aspek hard skill melalui penilaian proyek juga mengalami peningkatan sebesar 35% untuk tata boga dan 33% untuk tata busana. Sedangkan untuk aspek soft skill atau afektif mengalami peningkatan sebesar 17% untuk tata boga dan 22% untuk tata busana. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi penelitian tindakan pada siklus I dan dan II dengan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar wirausaha santri pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/127023

Actions (login required)

View Item View Item