Mengembangkan Motif candi badut dalam penciptaan karya lukis gaya pribadi / Indra Lukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengembangkan Motif candi badut dalam penciptaan karya lukis gaya pribadi / Indra Lukmana

Lukmana, Indra (2013) Mengembangkan Motif candi badut dalam penciptaan karya lukis gaya pribadi / Indra Lukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Mengembangkan Motif Candi Badut Penciptaan Lukisan Gaya Pribadi. Lukisan merupakan media fisik wujud dari rangkuman ide gagasan yang dibulatkan menjadi konsep penciptanya. Merupakan tebaran pigmen atau warna cair pada permukaan bidang datar (kanvas papan kayu hardboard kertas) untuk menghasilkan sensasi atau ilusi keruangan gerak tekstur bentuk sama baiknya dengan tekanan yang dihasilkan kombinasi unsur-unsur tersebut. Mengembangkan yang dimaksud disini adalah mengolah motif Candi Badut menjadi objek lukisan. Motif Candi Badut merupakan bahan mentah yang dikembangkan menjadi salah satu objek dalam penciptaan karya lukis. pengembangan motif ini dilakukan sesuai dengan keinginan dan kesesuaian ide pencipta. Motif yang dikembangkan antara lain motif karamakala motif kalanaga dan motif manusia. Gaya pribadi merupakan karakteristik karya yang diciptakan oleh pencipta dan memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan karya pencipta dengan karya orang lain baik dari segi teknik penciptaan maupun non teknik. Yang termasuk dalam teknik penciptaan gaya pribadi antara lain teknik lelehan teknik cipratan penggunaan warna gelap detail karya. Yang mencakup non teknis antara lain konsep karya penggunaan objek ikan arwana/koi yang menjadi ciri khas pencipta latar belakang kehidupan pencipta dan lingkungan hidup pencipta. Hasil dari pengembangan motif Candi Badut ini adalah visualisasi objek (motif Candi) dengan kombinasi gaya pribadi pencipta. Dalam penciptaan karya lukis ini menampilkan 7 karya lukis dengan media estetik berupa garis warna tekstur bentuk dan ruang sebagai simbolisasi dari konsep media fisik berupa kanvas triplek dan hardboard cat acrylic pigmen warna serta alat yang variatif. Menggunakan tiga teknik yaitu teknik leleh cipratan dan detail garis untuk cahaya gelap terang dan penegasan bentuk. Proses penciptaan ini diawali dengan pencarian ide gagasan menentukan konsep perancangan awal berupa sketsa proses berkarya dengan teknik dan gaya pribadi pencipta finishing karya dan pameran. Berdasarkan hasil penciptaan diharapkan dapat memberikan pengalaman baik berupa wujud proses maupun kreatifitas melalui pemikiran pencipta dalam berkarya seni dan dapat memberikan stimulus pada pengamat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12702

Actions (login required)

View Item View Item