Murni, Masiti Hari (2010) Pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran geografi di SLTP Negeri se Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2002/2003 oleh Masiti Hari Murni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
MenurutS uharyono( 1994 249) padatingkat SLTP konsep-konseypa ng abstrak makin bmyak yang perlu dipahmd oleh sisw4 karena itu bahan kajian geografim tuk SLTP perlu dilengkapi de ngmp engamatand i lapanganP. embelajaran di lur kelas (di lapagan) me mbutuhkm bayak waktq tenaga dan biaya- Untuk inr guru d4at me nggunakamne diap embelajarmr mtuk mernbantup emahamarh al-hal yang abstrakd an di lur jmgkauan pengamatanlm gsung. Penelitim ini bertujum mendeskripsikanp emanfaatanm edia pembelajaran dalarn mata pelajrm geografi di SLTP Negeri se Kecmratan Klojen Kota Malang yangm eliputi deskripsjie nis rnediay mg dimanfaatkank elayakanp ola pernanfaatarl prosedurp emanfaAanc uapengadaaUk endalay mg dihadapi u payam engatasi kendala- Penelitiani ni dilaksanakanm enggunakanm etodep e nelitiand eskriptif suwei. Penelitianin i dilaksanakart eftad4 selunrhp opulasi.P opulasip e nelitianin i bedumlah2 4 orangr espondeny aitu guru geografik elas 1 2 dan 3. lnstrumeny ang digunakm angketd a observasiT. eknik malisis dataymg digunakand alm bentuk prosentaseU. ntuk interpretasdi atad igunakan tujuh kategoriy aitu seluruhny4 hampir selunrhnyas ebagianb esar s eparub s ebagra kecil hmrpir tidak ada t idak ada Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media pembelqjarar yang dimmfaakm oleh seluruh guru geografi adalah p4an tulis pet4 globe dan buku paka. Hanpir seluruhnyam emanfaatkmb uku suple menS. ebagianb esar memanfaatkabna gaq grafik tabel gambar e nsiklopedi.S edangkejre nis mediayang lain tidak bmyak digunakan oleh guru geografi kareira kurang relevan untuk pembelajarang eogafi. Kelayakanm ediay ang digunakana dalahs ebaeianb esard idasarkanm anfaat rmn mencapati ujufoi pembelajarans ebaeiark ecil didasakank esesuaiadne ngan materip el4iararlm etodep embelajarany ang akand igunakan k arakteristiks iswa kondisi media secaa fisik baik. Pola peinanfaatanm edia pembelajarmd i dalamk elasy ang digunakana dalah hanpir seluruhs ecra klasikal sebagianb esa secaak lasikal individual sebaglgm kecil secaak lasikal kelompok.P ola pemanfaatanm ediap ernbelajarand i luar kelas y ng digunakana dalahh ampir seluruhnyas ecaa terkontrol sebagianb esa secara bebas- Kegiatans ebelumm emanfaatkanm edia pembelajaran(l angkahp ersiapan) yaitu seluruhnyam enetapkanm edia yang akand igunakan.S ebagianb esar mempelajri materi pelajaranm encatath al-hal pokok yangp erlu metrdapapf erhatian mernpelajarui mtan danh ubungana ntda materi satud enganm ateriy ang lain menugaskakne padas iswau ntuk membac4 merangkum m engobservasiin terview alaut ugasl ainnya sehubungand enganm ateri pelajarany ang akand ibahas. lI I Lr . Sedangkank egiatan yang lain tidak banyak dilakukan oleh guru geografi._Kegiatan selama proses pemanfaatan media.pembelqiaran (langkah p rur.onuil yaitu iebag a besar mengkaitkan pelajaran lalu dengan yang akan Apelajari d rrg ggunR Tl1 -pyq paikan ropik dant ujuans erta-manfaxaat ipentinlrya topillang aKarc rpelaJand enganm enggunakanm edi4 menyampaikanm ateri pelqiaran lului media m elibatkans iswad alam memanfaatkanm edi4 menutupp elajarand engan cra merangkunrm enyimputkan m enunjukkarqurutadna n k irirubing- ti.u T3p.otu denganm ateri yang lain. Sedangkank egiatany ang lain tida[ banyak 14k3.d guru geografi . Kegiatan s.tetutt - faaikan media p -U Lj (langkahtl ndak lanjuQy aitu seluruhnlram ernberik esvnpdan kepadas iswau ntuk menanyakamn ateri pelajarany ang belum dipahami.S ebagiarb esar- gudukan t uait flsan maupun tulis tentang materi yang ietuh crsulitil -emuerrt-iie tuk mendiskusikanm engadakano bry1vasi m enyimpulkan m elaporkan t t ir n . ffilllgtlpan materi yang relahd isajikan.sedangkakr egiatar yang ta ritiaar banyak dilakukan oleh guru geografi. . cara pengadaanm ediay aitu hampir sel ruhnyg memintak epadas ekolah. Sefa iar bgsa d ropprngd ari pernerintah onUu.tGAi.i A ng- L ya f- sederhanaS.e dangkanc aa pengadaany arg lain tidak banyakd iiakuk [h r geogmfi. .. Kendalay ang dihadei yaitu hempir serunrhnyam engalamik endalaju mrah 1 ia lerUaas Sqbasianb gsarm engalami teterUat rao saranad an pr.ro-u Sedangkakne ndalay ang lainja ang dihedapio leh guru geografi. . - -upry vmg dilahrkm. untuk mengaasi yaitu hamon sehnrtrnya mengusurkan kepadakepalasdcolah.SebagianbesarmJmbuir otiG[ d bahany ang sederhanas-e dangkanu payay ang lain tidak banyako irakutan oiei euru geografi- . Berdasakanh asil penelitiand i atas sekorahd iharapkanm emperhatikan P g dT saranad an prasaranam ediap embelajarmd e ogmm enyediuk ggo n tlTus Cyru geografi dihaapkan e-pohutil r petunjuk p uift s rnJiisehinggad apatm e nggunakama odia secarate paf dan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/127 |
Actions (login required)
View Item |