Pelaksanaan koperasi mahasiswa sebagai pendidikan karakter anggota Koperasi Universitas Negeri Malang / Nurke Nisa Sya'diah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan koperasi mahasiswa sebagai pendidikan karakter anggota Koperasi Universitas Negeri Malang / Nurke Nisa Sya'diah

Sya'diah, Nurke Nisa (2019) Pelaksanaan koperasi mahasiswa sebagai pendidikan karakter anggota Koperasi Universitas Negeri Malang / Nurke Nisa Sya'diah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sya diah Nurke Nisa. 2019. Pelaksanaan Koperasi Mahasiswa sebagai Pendidikan Karakter Anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang.. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Prof. Dr. Wahjoedi M.E Kata Kunci Koperasi Mahasiswa Pendidikan Karakter Anggota Koperasi Mahasiswa Koperasi Mahasiswa adalah Unit Ekegiatan Mahasiswa (UKM) yang dimiliki oleh perguruan tinggi bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang berminat dan potensi di bidang perkoperasian. Sesuai dengan prinsip prinsip koperasi No 25 tahun 1992 koperasi mahasiswa ini juga melaksanakan pengelolaan koperasi dengan keanggotaan yang bersifat sukarela dan terbuka juga anggota wajib membayar simpanan secara rutin baik simpanan pokok simpanan wajib maupun simpanan sukarela. Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk membangun karakter sesuai dengan setiap tujuan. Karakter koperasi adalah karakter yang sesuai dengan prinsip prinsip koperasi baik secara warisan Rochdale maupun karakter bangsa yang terkait dengan perkoperasian. Melalui pendekatan pendidikan karakter dari Kementrian Pendidikan Nasional bahwa terdapat lima pendekatan yaitu pendekatan keteladanan pendekatan pembelajaran pendekatan pembudayaan (kebiasaan) pendekatan penguatan dan pendekatan penilaian. Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki anggota sekitar 300 orang setiap tahunnya akan tetapi hanya ada 50 orang yang aktif hingga masa keanggotaan terakhir. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melihat apakah anggota dari Koperasi ini mencerminkan karakter koperasi. Selain itu koperasi ini mampu memberikan prestasi padahal hanya terdapat 50 anggota setiap tahun. Sesuai dengan tujuan penelitian bahwa pendidikan karakter bagian penting yang harus diperoleh mahasiswa selain pengetahuan seperti yang disebutkan dalam peraturan presiden nomor 87 tahun 2017 Rapat Koordinasi Nasional Bagian Kemahasiswaan Dirjen DIKTI tahun 2011 serta Visi dan Misi dari Universitas Negeri Malang. Setelah melakukan penelitian kepada koperasi memlalui Pendekatan Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional antara lain (1) pendekatan keteladanan pengurus harus memberikan contoh secara langsung sebagai tokoh yang yang dinilai memiliki kapabilitas lebih di Koperasi (2) pendekatan pembelajaran pembelajaran pendidikan karakter selalu dilakukan setiap terselenggara kegiatan untuk peningkatan kualitas sumber daya (3) pendekatan pemberdayaan dan pembudayaan kebiasaan yang dialkukan setiap pagi koperasi ini selalu melakukan doa pagi dan setiap hari selasa dan jumat terdapat kegiatan Sanggar Kopersi (4) pendekatan penguatan penguatan diberikan melalui motivasi reward dan paunishment untuk anggota sehingga terpacu untuk menjadi anggota aktif serta (5) pendekatan penilaian penilaian verbal dilakukan melalui buku yang telah disediakan untuk menyampaikan kritik dan saran serta penilaian secra fisik yaitu dengan jumlah point keaktifan baik mengikuti kegiatan melakukan transaksi dan membayar simpanan akan berpengaruh terhadap sisa hasil usaha yang diperoleh setiap anggota. Kegiatan koperasi melaksanakan pendidikan karakter untuk anggota koperasi kegiatan tersebut antara lain Diklat Dasar Diklat Menengah LKMO Sanggar Koperasi dan doa setiap pagi. Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota koperasi harapannya agar ada peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk kesejahteraan bersama. Kegiatan kegiatan tersebut memunculkan karakter koperasi anatara lain keadilan keterbukaan kekeluargaan demokratis jujur disiplin tanggung jawab dan mengutamakan pelayanan. Karakter tersebut dicerminkan oleh anggota koperasi dari kegiatan sehari hari ketika berada di Koperasi. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan penelitian menggunakan data dari observasi dan wawancara dengan informan. SUMMARY Sya diah Nurke Nisa. 2019. Implementation of Student Cooperatives as Character Education Student Cooperatives Members of the Universitas Negeri Malang. Sarjana s Thesis. Department of Economic Development Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor. Prof. Dr. Wahjoedi M.E Keywords Student Cooperatives Character Education Student Cooperative Members The Student Cooperative is a Student Ecosystem Unit (UKM) owned by universities aimed at providing facilities to students who are interested in and potential in the field of cooperatives. In accordance with the principles of cooperatives No. 25 of 1992 the cooperative students also carry out cooperative management with voluntary and open membership as well as members must pay deposits on a regular basis both principal savings mandatory savings and voluntary savings. Character education is an effort made to build character according to each goal. Cooperative character is a character that is in accordance with the principles of cooperatives both in Rochdale s heritage and the nation s character associated with cooperatives. Through the character education approach of the Ministry of National Education that there are five approaches namely exemplary approaches learning approaches cultural approaches (habits) reinforcement approaches and assessment approaches. The Malang State University Student Cooperative has around 300 members each year but there are only 50 people active until the last membership period. From these problems researchers are interested in seeing whether the members of the Cooperative reflect the cooperative character. In addition this cooperative is able to provide achievements even though there are only 50 members every year. In accordance with the purpose of the study that character education is an important part that must be obtained by students in addition to knowledge as stated in presidential regulation number 87 of 2017 the National Coordination Meeting of the Directorate General of Higher Education 2011 and the Vision and Mission of Malang State University. After conducting research on cooperatives through the Ministry of National Education s Character Education Approach among others (1) exemplary approach administrators must provide examples directly as figures who are considered to have more capability in Cooperatives (2) learning approaches character education learning is always done every organized activities to improve the quality of resources (3) empowerment and civilization approaches habits that are predicted every morning this cooperative always conducts morning prayers and every Tuesday and Friday there are Cooperative Studio activities (4) strengthening approaches reinforcement given through motivation reward and paunishment for members so that they are encouraged to become active members and (5) assessment approaches verbal assessments are carried out through books that have been provided to deliver criticism and suggestions as well as physical assessment namely the number of points of activity both participating in activities conducting transactions i and paying deposits will affect the remaining results of the business obtained by each member. Cooperative activities carry out character education for cooperative members such activities include Basic Training Secondary Education and Training LKMO Cooperative Studio and prayer every morning. The activity was followed by cooperative members hoping that there would be an increase in the quality of member resources for mutual welfare. These activities bring out the character of cooperatives among others justice openness family democratic honest disciplined responsible and prioritizing service. This character is reflected by cooperative members from daily activities when they are in the Cooperative. This is seen when researchers conducted research using data from observations and interviews with informants.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126997

Actions (login required)

View Item View Item