Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang semester ganjil tahun 2018/2019 / Alfonsus Yanuar Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang semester ganjil tahun 2018/2019 / Alfonsus Yanuar Irawan

Irawan, Alfonsus Yanuar (2019) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang semester ganjil tahun 2018/2019 / Alfonsus Yanuar Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfonsus yanuar. 2019. penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Skripsi jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs.Prih Hardinto. M.si. Kata kunci model pembelajaran role playing keaktifan belajar siswa dan kegembiraan belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ada di kelas XI IPS 4 SMA negeri I Turen Malang permasalahan tersebut adalah kurangnya kegembiraan dan keaktifan belajar siswa. Ketika proses pembelajaran berlangsung guru mengajak siswanya bermain bercerita tetapi jarang sekali guru memahami hakikat kegembiraan dalam belajar dan akhirnya permainan ini tidak menyambung dengan studi yang diajarkan. Dalam proses pembelajaran berlangsung beberapa siswa mengalami kejenuhan dan kebosanan terlihat ketika ada lima siswa tidak memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi ada beberapa siswa bermain handphone dan ada tiga siswa terlihat berpangku tangan dengan ekspresi lesu. Semua merupakan penanda bahwa sekolah dan belajar merupakan kegiatan yang membosankan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan model penerapan role playing. Penerapan model ini adalah bermain peran siswa terlibat secara aktif dengan peran yang telah dibagikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar observasi kegembiraan belajar siswa catatan lapangan dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPS 4 SMA negeri I Turen pada semester genap 2018/2019 dengan jumlah siswa 34. Data keaktifan dan kegembiraan belajar siswa murni dari hasil obervasi dengan beberapa observer yang membantu peneliti melakukan penelitian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kegembiraan belajar siswa setelah penerapan model role playing. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 49 85% menjadi 76 04% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil kegembiraan belajar siswa juga mengalami peningkatan hal ini terlihat dari rata- rata siklus I 50 16% menjadi 79 95% pada siklus II dan semua ketercapain tindakan ini sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126995

Actions (login required)

View Item View Item