Efektivitas program remedial untuk standart KKM mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 dan X IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu / Zulfa Ainur Rifki - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas program remedial untuk standart KKM mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 dan X IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu / Zulfa Ainur Rifki

Rifki, Zulfa Ainur (2019) Efektivitas program remedial untuk standart KKM mata pelajaran ekonomi kelas X IPA 1 dan X IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu / Zulfa Ainur Rifki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rifki Zulfa A. 2019. Efektivitas Program Remedial untuk Standart KKM Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA 1 dan X IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Diagnosa Kesulitan Belajar Pengajaran Remedial Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok dengan usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran. Inti dari pendidikan adalah adanya kegiatan belajar mengajar. Belajar mengajar berkaitan erat belajar tuntas hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik dari proses belajar yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Ketika peserta didik tidak tuntas dalam pembelajarannya perlu adanya diadakan pengajaran remedial. Pengajaran remedial adalah memberikan bantuan berupa kursus dan cara lain terhadap bidang studi yang lemah. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Bagaimana cara mendiagnosa kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN Kota Batu (2) Bagaimana cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi MAN Kota Batu (3) Apa faktor penghambat pelaksanaan program remedial dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN Kota Batu (4) Bagaimana pelaksanaan program remedial dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN Kota Batu Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mencatat analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Dengan kata lain penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. penulis akan menggunakan jenis penelitian fenomenologi untuk mendapatkan pemahaman atas respon terhadap keberadaan individu manusia (subyek penelitian) dalam suatu pengalaman yang dipahami dalam kehidupan sehari-hari dengan berinteraksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana cara mengatasi kesulitan belajar siswa yang dilakukan oleh guru kemudian cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana pengajaran remedial yang tepat untuk siswa. Dalam hasil penelitian ini diketahui efektif tidaknya program remedial untuk standart KKM Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Kota Batu. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru harus mengetahui setiap kondisi siswa dalam proses belajar mengajar karena setiap siswa memiliki permasalahan yang berbeda-beda maka dari itu dalam pengajaran remedial harus disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126993

Actions (login required)

View Item View Item