Mustagfiroh, Siti (2020) Pengelolaan kelas yang dilaksanakan guru mata pelajaran ekonomi dalam mengatasi keberagaman kecerdasan peserta didik (studi kasus kelas X-IPS SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2019-2020) / Siti Mustagfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Implementasi PPDB dengan sistem zonasi pada tahun 2019 menghasilkan peserta didik yang memiliki keberagaman kecerdasan verbal linguistik atau bahasa logikal matematis spatial-visual bodi-kinestetik musikal interpesonal naturalis dan kecerdasan dan existensial. Dan pada dasarnya setiap peserta didik tidak hanya memiliki satu jenis kecerdasan saja. Kombinasi 8 kemampuan dari multiple intelligence membantu tiap peserta didik melakukan berbagai aktivitas yang berbeda. Dalam menyikapi hal tersebut tindakan yang diambil oleh guru dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran adalah dengan melakukan pengelolaan kelas yang baik. Sehingga peneliti memfokuskan penelitian pada pengelolaan kelas yang dilaksanakan guru mata pelajaran ekonomi dalam mengatasi keberagaman kecerdasan peserta didik khususnya dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikannya bila terjadi gangguan atau tingkah laku yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pada kelas X-IPS SMA Negeri 2 Malang Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif metode kualitatif jenis deskriptif. Dimana dalam penelitian ini teknik pengambilan informan yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Prosedur pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data serta pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan dalam penelitian ini adalah upaya dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal guru melakukan upaya pencegahan munculnya kegiatan yang dapat mengganggu proses belajar mengajar atau biasa disebut dengan prosedur preventif. Prosedur preventif dilakukan dalam bentuk penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat belajar peserta didik. Serta dalam implementasinya guru melakukan pengelolaan sosio emosional fisik dan penanaman kedisiplinan peserta didik melalui negoisasi mengenai peraturan-peraturan yang menjadi kebiasaan dalam mata pelajaran ekonomi. Sedangkan upaya dalam pengembalian kondisi kelas yang optimal bila terjadi gangguan atau tingkah laku yang tidak sesuai dengan yang diharapkan guru melakukan prosedur korektif dimensi langsung dan kuratif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126967 |
Actions (login required)
View Item |