Studi tentang model pembelajaran fotografi di SMK Negeri 11 Malang / Guruh Nugroho Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang model pembelajaran fotografi di SMK Negeri 11 Malang / Guruh Nugroho Putro

Putro, Guruh Nugroho (2013) Studi tentang model pembelajaran fotografi di SMK Negeri 11 Malang / Guruh Nugroho Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran fotografi SMK Negeri 11 Malang. Fotografi berasal dari bahasa yunani photos dan graphein yang arti sebenarnya adalah melukis dengan cahaya . Dengan kata lain fotografi secara harfiah berasal dari kata photo berarti cahaya dan graphic berarti menggambar jadi kunci utama dalam membuat foto adalah cahaya . Di era modern ini fotografi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari hal ini dapat terlihat dari banyaknya media publikasi baik iklan koran televisi papan nama maupun dalam dunia pendidikan yang digunakan dalam penyampaian sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Fotografi Bahan Ajar Pengetahuan Fotografi dan Berkarya Fotografi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Malang. Sebagai nara sumber adalah guru dan beberapa siswa. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisa mengalir atau analisa terjalin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fotografi di SMK Negeri11 Malang pada bahan ajar Pengetahuan Fotografi menggunakan model pembelajaran akademik dan pembelajaran orang dewasa (POD) dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah ceramah tanya jawab demonstrasi dan pemberian tugas/resitasi dengan menggunakan media berbantuan komputer dan alat peraga berupa kamera DSLR dan 3 lensa. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dimana dilaksanakan setiap satu pokok bahasan selesai. Pada bahan ajar Berkarya Fotografi model yang digunakan sama dengan bahan ajar Pengetahuan Fotografi namun dengan pendekatan pembelajaran yang sedikit berbeda. Pada bahan ajar Berkarya Fotografi menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori dan CBSA berkadar tinggi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah tanya jawab demonstrasi pemberian tugs/resitasi kelompok dril/latihan dan kerja cipta terarah. Media yang digunakan adalah media berbantuan komputer dan alat peraga berupa berupa kamera DSLR dan 3 lensa. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dimana dilaksanakan setiap satu pokok bahasan selesai. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar guru mata pelajaran Fotografi hendaknya memperhatikan aspek penyusunan RPP agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan kesesuaian dengan kurikulum dapat tercapai. Dan dilaksanakan penelitian lebih lanjut dibidang fotografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item