Studi kasus penggunaan media audio visual proses berkarya seni kriya keramik teknik pinching pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX A SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang / Idam Rahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus penggunaan media audio visual proses berkarya seni kriya keramik teknik pinching pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX A SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang / Idam Rahmadi

Rahmadi, Idam (2013) Studi kasus penggunaan media audio visual proses berkarya seni kriya keramik teknik pinching pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX A SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang / Idam Rahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kreativitas Teknik Pinching Media Audio-Visual Pendidikan seni merupakan wahana bermuatan edukatif dan membangun kreativitas siswa. Kreativitas siswa dapat dibangun atau dipancing melalui pengalaman langsung rangsangan benda seni dan audio-visual serta pengalaman pribadi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SMPN Satu Atap Lesanpuro 2 Malang kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya keramik belum berkembang hanya sebagian kecil siswa yang bisa membuat keramik dengan teknik pinching. Teknik pinching merupakan teknik membentuk tanah liat menjadi benda keramik bagi pemula selain itu penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran seni budaya belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilih media audio visual sebagai penunjang dalam proses pembelajaran seni kriya keramik teknik pinching. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media audio-visual (LCD Projector) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya keramik teknik pinching. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berupa media audio visual (LCD Projector) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya keramik teknik pinching Hal tersebut ditunjukkan bahwa ketuntasan belajar sebagai sebesar 93 1 % dimana sebelum dilakukan penelitian ini ketuntasan siswa hanya sebesar 60%. Saran yang dapat diberikan bagi guru hendaknya menerapkan penggunaan media audio visual (LCD projector) sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kreativitas siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini disarankan agar mempunyai persiapan yang baik dan hendaknya melakukan lebih dari dua kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item