Kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarna di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru, Malang / MAchfud Iswahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarna di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru, Malang / MAchfud Iswahyudi

Iswahyudi, Machfud (2013) Kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarna di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru, Malang / MAchfud Iswahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iswahyudi Machfud. 2012. Kegiatan Ekstrakurikuler Menggambar dan Mewarna di SD Negeri Bertaraf Internasional Tlogowaru Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M. Pd. (II) Fenny Rochbeind S.Pd M.Sn Kata kunci Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi. Ekstrakurikuler menggambar dan mewarna di SDNBI Tlogowaru Malang merupakan kegiatan pembelajaran nonformal yang bersifat komplementer dalam pembelajaran formal di sekolah. Pembelajaran menggambar dan mewarna ini bertujuan untuk melatih keterampilan menumbuhkan serta meningkatkan kreativitas dan sebagai sarana berekspresi bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan penelitian lapangan observasi partisipan dan wawancara mendalam. Peneliti secara langsung memasuki latar penelitian dan berperan sebagai instrumen utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan pelaksa-naan dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarna di SDNBI Tlogowaru Malang. Ada 3 fokus yang menjadi penelitian ini antara lain Pertama Pada tahap perencanaan pembelajaran guru sudah memiliki persiapan media yang terdiri dari program ekstrakurikuler menggambar dan mewarna benda-benda geometrik (kerucut segi tiga tabung kotak bola) dan beberapa pola gambar bertema. Serta peralatan untuk mengajar misalnya pensil pensil kaca spidol selotip krayon penggaris penghapus cutter kain lap kuas dan buku gambar A3. Persiapan tempat yang digunakan dalam pembelajaran sudah ditentukan ada 3 lokasi yaitu di dalam kelas di luar kelas dan di sanggar seni dalam pelaksanaan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kedua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran ekstrakurikuler menggambar dan mewarna guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif yaitu metode pembelajaran eksperimen metode pembelajaran mencontoh atau imitasi metode pembelajaran ekspresi bebas metode pembelajaran pemberian tugas metode pembelajaran dikte serta metode pembelajaran karya cipta dan eksperimen Pada Tahap Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan media berupa alat dan bahan meliputi pensil pensil kaca spidol selotip krayon penggaris penghapus cutter kain lap dan buku gambar A3. Teknik Berkarya yang diterapkan ada 4 Teknik yaitu Teknik Garis Teknik Arsir Teknik Blok dan Teknik Grafito serta Ketiga Sedangkan pada tahap Evaluasi Pembelajaran dalam rangka memberikan nilai untuk rapor guru memberikan penilaian secara menyeluruh atau sistem gestal untuk hasil karya sedangkan penilaian dari aspek proses berkarya kurang diperhatikan sehingga hasil penilaian kurang objektif. Peneliti menyarankan sebaiknya disamping dinilai dari segi hasil penilaian juga dilakukan dari segi proses agar penilaian dapat lebih objektif. Serta sebagai saran lanjutan Pembelajaran Ekstrakurikuler Menggambar dan Mewarna jangan dijadikan sebagai pelengkap saja melainkan sebagai pelajaran penting dalam rangka mengasah kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item