Pengembangan media pembelajaran apresiasi seni budaya melalui modul museum seni rupa Sampurno tingkat SMP kelas VIII di Kediri / Amalia Nur Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran apresiasi seni budaya melalui modul museum seni rupa Sampurno tingkat SMP kelas VIII di Kediri / Amalia Nur Hadi

Hadi, Amalia Nur (2013) Pengembangan media pembelajaran apresiasi seni budaya melalui modul museum seni rupa Sampurno tingkat SMP kelas VIII di Kediri / Amalia Nur Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadi Nur Amalia. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Apresiasi Seni Budaya Melalui Modul Museum Seni Rupa Sampurno Tingkat SMP Kelas VIII di Kediri. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd Kata Kunci media apresiasi modul museum sampurno SMP. Di tingkat SMP pembelajaran apresiasi mempunyai kompetensi dasar yang harus dilaksanakan di VIII. Dan kompetensi dasar yang harus ditempuh yaitu menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat. Untuk memperkenalkan siswa tentang seni rupa murni daerah setempat di daerah kediri maka perlu memperkenalkan museum seni rupa Sampurno. Sehingga perlu adanya suatu media pembelajaran apresiasi SMP kelas VIII yang dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran apresiasi seni. Sehingga pembelajaran apresiasi seni rupa dapat dilaksanakan dengan mudah dan terarah. Modul yang disusun merupakan pengembangan media pembelajaran Apresiasi Seni Budaya di Museum Seni Rupa Sampurno Tingkat SMP di Kediri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul museum seni rupa Sampurno yang dapat membantu siswa tingkat SMP dalam pembelajaran apresiasi pada mata pelajaran Seni Budaya/Seni Rupa . Model yang digunakan dalam pengembangan modul ini adalah model konseptual yaitu model yang bersifat analitis yang memberikan komponen-komponen modul yang akan dikembangkan sedangkan prosedur yang digunakan dalam uji coba pengembangan ini meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan penyusunan validasi dan uji coba. Selanjutnya data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kuantitatif yaitu hasil validasi modul hasil tugas belajar siswa dan data kualitatif yaitu berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi skor nilai rata-rata ahli media 2 96 dan ahli materi 2 66 sedangkan guru bidang studi 2 93 dengan tingkat kelayakan L yang berarti layak bahwa modul sudah sesuai sehingga modul dinyatakan Layak untuk diujicobakan dengan beberapa revisi. berdasarkan hasil analisis data uji coba yaitu hasil tugas apresiasi dari 8 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) bahkan diatas KKM yaitu 82 dan dari analisis angket siswa dengan skor 3 21 dengan tingkat kelayakan Sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterima siswa dan sangat layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran apresiasi SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item