Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang pembuatan kriya anyam matapelajaran seni budaya kelas X SMAN 2 Situbondo / Amar Ma'ruf Stya Bakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang pembuatan kriya anyam matapelajaran seni budaya kelas X SMAN 2 Situbondo / Amar Ma'ruf Stya Bakti

Bakti, Amar Ma'ruf Stya (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang pembuatan kriya anyam matapelajaran seni budaya kelas X SMAN 2 Situbondo / Amar Ma'ruf Stya Bakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran kriya anyam seni budaya kelas X Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide gagasan atau pendapat sehingga ide gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Salah satunya materi ekspresi daerah setempat yaitu tentang kriya anyam. Kriya anyam di daerah Situbondo sudah banyak berkembang dengan berbagai motif dan corak sesuai daerah. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media materi kriya anyam untuk membantu pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkanmediapembelajaran khusunya kriya anyam dengan menggunakan software Microsoft PowerPoint 2010berdasarkankurikulumTingkatSatuan Pendidikan (KTSP)2006 pada tingkatSekolah Menengah Atas (SMA) kelas X untuk semester gasal Standar KompetensiEkspresi pokok bahasan ditekankan pada seni rupa terapan daerah setempat. Materi yang diangkat yaitu pembuatan kriya anyam dengan teknik dan motif daerah setempat. Modelpenelitian dan pengembangandalampenelitian ini merupakan model pengembangan prosedural yaitu model Four-D(Define design developdan disseminate).Telah divalidasikan kepada ahlimateri ahli media ahli pembelajaran dan kelompok besar. Dari hasil validasi yang telah dilakukan media pembelajaran ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Perhitungan statistik secara keseluruhan melalui validasi memperoleh skor antara lain ahlimedia 82 ahli materi 85 ahli pembelajaran 89 dan kelompok besar93. Revisi produk yang diperoleh diantaranya perubahan jarak antar tulisan/font pemberian gambar pada ragam motif dan perubahan runtutan materi pada media. Dari hasil penelitian ini dapatdisarankan agar(1) Pendidik dapat memanfaatkan media pembelajaran pembuatan kriya anyam.(2) Peserta didik dapatmandiri dan semangatdalambelajar secara individu. (3) Lembaga Sekolah memanfaatkan media ini untuk menjadi alternatifproses pembelajaranselanjutnya.(4)Penelitidapatmengembangkan media pembelajaran menjadilebih baik lagi tepat guna dantepatsasaran sehingga dapatdimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item