Peningkatan hasil berkarya siswa dalam menggambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media pembelajaran di kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan / Kiki Widyantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil berkarya siswa dalam menggambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media pembelajaran di kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan / Kiki Widyantono

Widyantono, Kiki (2013) Peningkatan hasil berkarya siswa dalam menggambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media pembelajaran di kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan / Kiki Widyantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil berkarya menggambar bentuk media pembelajaran SMP Hasil observasi awal rata-rata siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan mengalami kesulitan dalam menggambar bentuk terutama saat menyeket gambar sehingga hasil gambarnya kurang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya media pembelajaran yang tersedia. Berkaitan dengan hal itu maka dilaksanakan penelitian tindakan berupa pembelajaran gambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media LCD Proyektor untuk meningkatkan aktivitas dan hasil berkarya siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran gambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media LCD Proyektor yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan dan 2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran gambar bentuk melalui pemanfaatan inovasi media LCD Proyektor yang dapat meningkatkan hasil berkarya siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan tindakan pada siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C yang saat ini menduduki semester ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket tes dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase (%). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran gambar bentuk dengan memanfaatkan inovasi media LCD Proyektor diterapkan menggunakan model pembelajaran demonstrasi dan pemberian tugas. Fungsi LCD Proyektor bukan sebagai prosedur namun hanya sebagai sarana media untuk membantu siswa menyeket gambar dengan meniru karakter yang tampak pada bidang gambar. Setelah gambar disket siswa memberi gradasi dengan teknik arsir tanpa menggunakan LCD Proyektor dan secara bertahap menentukan bentuk dari berbagai contoh objek yang ditampilkan untuk dijadikan satu komposisi gambar. Hasil analisis siklus 1 menunjukkan 49 7% siswa aktif dalam KBM sedangkan 50 3% siswa tidak aktif dalam KBM. Hasil analisis siklus 2 menunjukkan peningkatan aktivitas siswa yaitu 58 9% siswa aktif dalam KBM sedangkan jumlah siswa yang tidak aktif dalam KBM menurun menjadi 41 1%. Hasil analisis data tes menggambar bentuk siklus 1 menunjukkan 56% siswa memiliki hasil karya baik dan hasil analisis data tes menggambar bentuk siklus 2 menunjukkan peningkatan hasil karya siswa yaitu 80% siswa memiliki hasil karya baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil berkarya siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran gambar bentuk dengan memanfaatkan inovasi media LCD Proyektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item