Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash interaktif tentang apresiasi seni rupa terapan nusantara semester I siswa SMP kelas II / Angga Palaemon Muridno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash interaktif tentang apresiasi seni rupa terapan nusantara semester I siswa SMP kelas II / Angga Palaemon Muridno

Muridno, Angga Palaemon (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash interaktif tentang apresiasi seni rupa terapan nusantara semester I siswa SMP kelas II / Angga Palaemon Muridno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Terapan Nusantara Proses belajar mengajar apresiasi Seni Budaya seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari hari sehingga menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Dalam observasi lapangan yang dilakukan penulis dan pengembang media diketahui bahwa siswa SMP lebih tertarik pada media yang memungkinkan mereka ikut berinteraksi di dalamnya dan menampilkan visualisasi yang menarik. Media pembelajaran yang ada yaitu buku paket memiliki keterbatasan dalam hal visualisasi. Pada materi ajar apresiasi idealnya terdapat media yang dapat menampilkan visualisasi karya. Media interaktif dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan membantu kelancaran proses belajar mengajar apresiasi Seni Budaya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah merancang dan menghasilkan produk media interaktif berbasis Adobe Flash sebagai media pembelajaran Apresiasi Seni Terapan Nusantara yang komunikatif informatif dan menarik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model yang dimodifikasi dari Sadiman S. Arif meliputi 1) identifikasi kebutuhan 2) pengembangan materi pembelajaran 3) menyusun draft rancangan media 4) produksi 5) uji konseptual 6) revisi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskripsi dengan prosentase. Hasil penelitian pengembangan adalah sebagai berikut 1) uji ahli media 72 43% (cukup layak dan dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran dengan sedikit revisi) 2) uji ahli materi 86 36% (layak dan dapat dipakai dalam kegiatan pembelajaran dengan tanpa revisi ) 3) uji kelompok kecil 78 88% (cukup layak dan dapat dipakai dalam pembelajaran dengan sedikit revisi). Revisi meliputi 1) Warna 50% (kurang layak dan dapat dipakai dalam pembelajaran dengan banyak revisi). Revisi dilakukan dengan memberikan warna berbeda pada Menu dan Sub Menu agar ada pembeda dan memberikan penyegaran pada mata 2) Grafik Gambar 56 25% (kurang layak dan dapat dipakai dalam pembelajaran dengan banyak revisi). Revisi dilakukan pada gambar yang kurang layak dan diganti dengan resolusi lebih bagus dan lebih jelas. Saran yang diajukan hendaknya dilakukan uji coba secara berulang - ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada lembaga pendidikan terkait. Penelitian hanya terbatas pada pengembangan produk diharapkan ada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat efektifitas dari produk yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item