Peranan Perpustakaan Umum Kota Malang dalam proses pembelajaran apresiasi seni budaya bagi siswa sekolah menengah / Indra Bayu Anindika Waspodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Perpustakaan Umum Kota Malang dalam proses pembelajaran apresiasi seni budaya bagi siswa sekolah menengah / Indra Bayu Anindika Waspodo

Waspodo, Indra Bayu Anindika (2012) Peranan Perpustakaan Umum Kota Malang dalam proses pembelajaran apresiasi seni budaya bagi siswa sekolah menengah / Indra Bayu Anindika Waspodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peranan Perpustakaan Pembelajaran Apresiasi Seni Budaya Siswa Malang. Penelitian ini mencoba untuk meneliti kegiatan apresiasi siswa sekolah menengah yang berada di Perpustakaan Umum Kota Malang. Fokus masalah yang diteliti yaitu (1) Fasilitas dan layanan Perpustakaan Umum terkait proses apresiasi Seni Budaya bagi siswa sekolah menengah di Kota Malang (2) Peranan Perpustakaan Umum dalam proses pembelajaran apresiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya bagi siswa Sekolah Menengah di Kota Malang (3) Faktor pendukung dan penghambat siswa sekolah menengah dalam melakukan kegiatan apresiasi di Perpustakaan Umum Kota Malang. Subyek yang diteliti meliputi siswa sekolah menengah di kota malang pegawai perpustakaan dan guru sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan angket wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu proses analisis data untuk data yang diperoleh dari guru dan pegawai perpustakaan serta proses analisis data untuk data yang diperoleh dari siswa. Proses analisis data untuk data yang diperoleh dari guru menggunakan pengolahan data menurut kategorinya kemudian data dianalisis langsung dan dikaitkan dengan data sejenis pada kelompok kategori yang sama. dalam hal ini data ditrianggulasi secara teknik atau sumber. Untuk data yang diperoleh dari siswa dianalisis dengan rumus prosentase. Hasil dari penelitian yaitu Perpustakaan Umum Kota Malang merupakan salah satu tempat untuk melakukan kegiatan pembelajaran apresiasi bagi para siswa di kota Malang di luar lingkungan sekolahnya. Fasilitas yang dapat digunakan terkait pembelajaran apresiasi adalah koleksi bahan pustaka Seni Budaya di ruang koleksi Pameran karya seni di ruangan Anjungan Ken Arok dan pemutaran video seni budaya di ruang audio visual atau Hall utama Perpustakaan Umum Kota Malang. Peranan Perpustakaan Umum dalam pembelajaran apresiasi dapat meningkatkan tingkat apresiasi siswa dalam pembelajaran seni budaya. Untuk mendukung data yang diperoleh ditambahkan data statistik yang diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12678

Actions (login required)

View Item View Item