Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk materi ajar seni lukis SMP kelas IX / Muhammad' Alwan Nashikhin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk materi ajar seni lukis SMP kelas IX / Muhammad' Alwan Nashikhin

Nashikhin, Muhammad ' Alwan (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk materi ajar seni lukis SMP kelas IX / Muhammad' Alwan Nashikhin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran interaktif multimedia seni lukis. Seni lukis merupakan salah satu jenis dari kompetensi dasar seni rupa murni pada mata pelajaran Seni Budaya di SMP kelas IX berdasarkan wawancara pada 2 Guru Seni Budaya di Malang menyatakan bahwa materi yang sering digunakan dalam implementasi seni rupa murni adalah seni lukis. Dalam perkembangan teknologi informasi yang pesat ini seharusnya segala aspek dalam proses pembelajaran juga berkembang diantaranya pada media pembelajaran tetapi obeservasi di SMPN 03 Kepanjen dan SMPN 16 Malang menunjukkan guru 60% masih menggunakan media verbal. Hal ini berakibat kurangnya informasi yang diterima siswa dari tujuan pembelajaran yang diharapkan padahal dengan pembelajaran bermultimedia yakni siswa menerima informasi dengan multimedia (misalnya secara verbal dan visual) akan menciptakan pemerolehan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan mereka yang menerima informasi dengan monomedia (misalnya secara verbal saja). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan membuat media pembelajaran berbasis multimedia berupa CD interaktif untuk materi ajar seni lukis SMP kelas IX. Hal ini dimaksudkan agar menghasilkan media yang layak dan menarik guna membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas serta memberikan pengalaman estetis dan meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif untuk uji coba perseorangan dan data deskriptif kuantitatif pengambilan rata-rata tiap satu variabel untuk uji kelompok kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kuesioner dengan uji validitas konstruk. Kegiatan analisis data dimulai dari persiapan tabulasi dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan sebagai berikut Pertama untuk ahli media keseluruhan dari item gambar teks audio video dan operasional media dalam produk pengembangan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran revisi hanya pada sound effect yang kurang relevan. Kedua hasil data dari ahli materi menunjukkan secara keseluruhan item materi isi bahasa istilah dan media yang digunakan dalam produk pengembangan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran. Ketiga hasil data audience menunjukkan keseluruhan item gambar teks bahasa materi media dan tanggapan siswa terhadap media pada produk pengembangan dianggap layak serta menarik digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item View Item