Studi tentang lukisan dengan pewarna alam karya siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang / Dian Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang lukisan dengan pewarna alam karya siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang / Dian Pradana

Pradana, Dian (2012) Studi tentang lukisan dengan pewarna alam karya siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang / Dian Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lukisan Pewarna Alam SMPN Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Alam juga senantiasa menghasilkan pewarna alami yang selama ini masih belum begitu di lirik dan sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung pembelajaran menggambar dan mewarna. SMPN 1 Gedangan merupakan tempat yang potensial dan tepat dalam Menemukan keanekaragaman hayati dan non hayati yang banyak terdapat di dalam lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang pengambilan sampelnya berdasarkan purposive Sample. Analisa berupa paparan data mengenai hasil karya lukisan menggunakan pewarna alam yang ditinjau dari unsur-unsur seni prinsip seni dan jenis-jenis warna yang digunakan dalam lukisan dengan pewarna alam karya siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang yang diperoleh dari obsevasi langsung dan data sekunder dari berbagai sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap deskripsi analisa formal interpretasi dan evaluasi/keputusan. Dalam lukisan dengan pewarna alam karya siswa kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang ini siswa menggunakan unsur-unsur seni dalam tatanan rupa berupa titik garis bidang bentuk ruang warna tekstur dan gelap-terang yang dikomposisikan dengan menerapkan prinsip-prinsip dari seni yaitu kesatuan keselarasan irama dominasi kesebandingan dan keseimbangan dalam menyusun media pewarna dalam karya mereka yang dihasilkan dari alam. Terkait dengan visualisasi karya mereka adapun pewarna dari alam yang ditemukan di dalamya yaitu warna merah tua dari daun jati warna hijau dari daun suji warna kuning dari rimpang kunir warna coklat dari tanah liat warna putih dari batu kapur dan warna hitam dari arang. Berdasarkan data yang telah dikaji dapat disimpulkan bahwa penerapan pewarna dalam lukisan dengan pewarna alam karya siswa Kelas VII SMPN 1 Gedangan Kabupaten Malang berdasarkan unsur- unsur dan prinsip-prinsip tata rupa sehingga tercipta tatanan karya yang memiliki nilai estetik dan unik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item