Studi tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai di SDN Percobaan 2 Malang / Zainal Abidin

Abidin, Zainal (2012) Studi tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai di SDN Percobaan 2 Malang / Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Studi, Kegiatan Ekstrakurikuler, Menggambar dan Mewarnai Sekolah harus mampu memfasilitasi anak untuk dapat mengekspresikan dan mengembangkan kreativitas. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan pengembangan diri. Salah satu ekstrakurikuler yang ditujukan untuk mengembangkan kreativitas anak adalah ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai di SDN Percobaan 2 Malang, baik dari segi manajemen organisasi, kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasil pembelajaran, serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti berharap dapat menghasilkan gambaran sebagai jawaban atas permasalahan yang ada melalui data-data yang terkumpul. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa manajemen ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai di SDN Percobaan 2 Malang dipegang oleh Kepala Sekolah dengan dibantu oleh berbagai pihak. Selanjutnya, manajemen ekstrakurikuler didasarkan atas Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) yang berisi aturan-aturan dasar sekolah termasuk untuk kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai. Kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai di SDN Percobaan 2 Malang diadakan pada hari Sabtu pukul 10.00-11.00 WIB di ruang kelas 2-D karena sekolah masih belum memiliki ruangan khusus untuk kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai. Pembelajaran ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai menggunakan model aprentisip yang berarti bahwa pembelajaran berpusat pada guru. Jadi, siswa-siswi masih mengikuti cara yang digunakan oleh guru. Selanjutnya, metode yang digunakan oleh guru ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai adalah metode demonstrasi dan imitasi, dimana guru memberi contoh gambar serta mendemonstrasikan cara menggambar dan mewarnai yang baik dan benar. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai antara lain: pihak sekolah menyediakan alokasi dana dan sarana prasarana penunjang. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai antara lain belum adanya ruang khusus untuk pelaksanaan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai, sekolah masih belum mempunyai referensi buku-buku pendukung kegiatan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai, guru tidak menggunakan Silabus dan RPP, serta guru hanya menggunakan media berupa krayon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item