Meningkatkan kreativitas siswa kelas VIIB SMP Negeri 18 Malang dalam berkarya seni kriya clay tepung teknik membentuk dengan memanfaatkan media audio visual / Faringga Dewi Kumala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kreativitas siswa kelas VIIB SMP Negeri 18 Malang dalam berkarya seni kriya clay tepung teknik membentuk dengan memanfaatkan media audio visual / Faringga Dewi Kumala Sari

Sari, Faringga Dewi Kumala (2012) Meningkatkan kreativitas siswa kelas VIIB SMP Negeri 18 Malang dalam berkarya seni kriya clay tepung teknik membentuk dengan memanfaatkan media audio visual / Faringga Dewi Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kreativitas Media Audio-Visual Teknik membentuk Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui bahwa kreativitas siswa kelas VII-B SMPN 18 Malang cukup rendah. Permasalahan ini disebabkan oleh cara guru dalam menyajikan materi kurang menarik perhatian siswa dan kurang bervariasi (monoton) sehingga siswa cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan dalam proses pembelajaran seni kriya clay tepung teknik membentuk. Media audio visual yang menarik merupakan perpaduan dari visual dan audio dapat dilihat dan didengar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya clay tepung dengan memanfaatkan media audio visual VCD dan meningkatkan rasa senang siswa dalam berkarya seni kriya clay tepung dengan memanfaatkan media audio visual VCD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu observasi perencanaan pelaksanaan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta A-394 pada tanggal 25 Februari sampai 17 Maret 2012. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berupa media audio visual VCD dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya clay tepung dan meningkatkan rasa senang siswa dalam berkarya seni kriya clay tepung. Presentase hasil kreativitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar 74 20% dan meningkat menjadi 80 89% pada siklus II dengan besar peningkatan sebesar 6 69%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) kepada guru untuk menerapkan penggunaan media audio visual VCD dikelas sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa dan semangat siswa untuk belajar (2) kepada siswa diharapkan mampu mengasah pengetahuan kemampuan dan kreativitas siswa pada pembelajaran berkarya seni kriya clay (3) kepada sekolah untuk melengkapi dan menambah fasilitas pendukung seperti LCD dan leptop sehingga guru dapat menggunakan media pembelajaran VCD sebagai sarana untuk merangsang siswa meningkatkan kreativitasnya dalam berkarya seni clay (4) Untuk peneliti selanjutnya sebelum menggunakan media pembelajaran VCD sebaiknya mempersiapkan secara matang dan dilakukan dengan metode pembelajaran yang lebih bervariasi serta memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item