Pengembangan buku bergambar "Hanoman Obong" sebagai media pembelajaran pendidikan karakter di sekolah dasar / Ahmad Syarifuddin Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku bergambar "Hanoman Obong" sebagai media pembelajaran pendidikan karakter di sekolah dasar / Ahmad Syarifuddin Rohman

Rohman, Ahmad Syarifuddin (2012) Pengembangan buku bergambar "Hanoman Obong" sebagai media pembelajaran pendidikan karakter di sekolah dasar / Ahmad Syarifuddin Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan buku bergambar pendidikan karakter hanoman obong. Pengembangan buku bergambar ini digunakan sebagai pendukung pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Banyak siswa yang tidak mengenal budaya lokal khususnya wayang. Oleh sebab itu media buku bergambar Hanoman Obong dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter sekaligus alat pengenal budaya tradisional kepada anak khususnya siswa Sekolah Dasar.Pengembangan media buku bergambar ini bertujuan menghasilkan buku bergambar tentang Hanoman Obong untuk siswa Sekolah Dasar. Spesifikasi buku berukuran A4 menggunakan huruf Papyrus dan Buitenzorg format hard cover gaya gambar kartun realis pewarnaan menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan Microsoft Picture Manager. Sedangkan isi buku cerita Hanoman Obong cerita fiksi setting masa lalu dan masa kini sasaran siswa Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu kelompok kecil dan lapangan. Hasil pengembangan media buku bergambar Hanoman Obong sebagai media pembelajaran pendidikan karakter di Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai 78 1 % ahli materi 84 4% dan uji kelompok besar mencapai 91 9%.Media buku bergambar ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu (1) dapat digunakan dimanapun dan kapanpun oleh pengguna (2) penggunaan tidak terbatas ruang dan waktu (3) bisa digunakan sebagai koleksi bagi anak. Sedangkan kelemahan dari media ini adalah (1) hanya menarik digunakan untuk anak setingkat sekolah dasar karena cerita dan karakternya dibuat sesuai dengan usia konsumen (2) tidak digunakan sebagai buku pelajaran namun hanya sebagai buku penunjang. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar Hanoman Obong sebagai pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembang menyarankan agar media ini bisa ditempatkan di sekolah misalnya ditempatkan di perpustakaan agar bisa digunakan sebagai buku bacaan siswa. Selain itu bisa digunakan sebagai media pengenal budaya tradisional kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item