Upaya guru dalam penggunaan media pembelajaran seni budaya sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran seni lukis di SMA Negeri 2 Situbondo / Dendi Novi Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam penggunaan media pembelajaran seni budaya sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran seni lukis di SMA Negeri 2 Situbondo / Dendi Novi Kurnia

Kurnia, Dendi Novi (2012) Upaya guru dalam penggunaan media pembelajaran seni budaya sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran seni lukis di SMA Negeri 2 Situbondo / Dendi Novi Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Upaya Guru media pembelajaran seni lukis SMA. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa guru dan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Tugas guru yang paling utama sebagai pendidik ialah mengkondisikan lingkungan supaya menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi siswa. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran. Untuk itu masalah yang ingin dikaji adalah bagaimana upaya guru dalam penggunaan media pembelajaran seni budaya sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran seni lukis di SMA Negeri 2 Situbondo sedangkan tujuan yang diharapkan adalah (a) cara guru memilih media pembelajaran (b) cara guru dalam penggunaan media pembelajaran (c) cara guru supaya siswa dapat memahami pelajaran (d) cara guru agar siswa dapat memahami media pembelajaran (e) cara guru supaya siswa minat terhadap mata pelajaran seni budaya dan (f) respon siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru ketika mengajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan tenik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan data menggunakan trianggulasi sumber dan informasi kunci (guru mata pelajaran). Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Situbondo. Hasil diperoleh adalah (a) cara guru memilih media pembelajaran yaitu menyesuaikan dengan kompetensi atau tujuan dan menyesuaikan dengan materi (b) cara guru dalam penggunaan media pembelajaran terkait dengan jenis dan bentuk medianya menggunakan media yang sangat sederhana berupa contoh lukisan yang terpajang di kelas (c) cara guru supaya siswa dapat memahami pelajaran dengan strategi/cara pembelajaran untuk materi seni lukis dan model pembelajarannya dengan menggunakan media pembelajaran (d) cara guru agar siswa dapat memahami media pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas tanya jawab dan demonstrasi (e) cara guru supaya siswa minat terhadap mata pelajaran seni budaya yaitu dengan memotivasi siswa menciptakan interaksi antara guru dan siswa guru membuat lukisan dan juga asal media yang mudah di dapat serta mudah dalam pemakaiannya (f) respon siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru ketika mengajar dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya pada materi seni lukis dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran terdapat beberapa siswa yang kurang paham mengenai materi yang diberikan dan kemudian ditanyakan kembali sehingga siswa paham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item