Ekspresi tekanan batin terhadap keadaan sosial melalui media seni lukis / Tamban Arif Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekspresi tekanan batin terhadap keadaan sosial melalui media seni lukis / Tamban Arif Maulana

Maulana, Tamban Arif (2012) Ekspresi tekanan batin terhadap keadaan sosial melalui media seni lukis / Tamban Arif Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ekspresi Keadaan Sosial Seni Lukis Lukisan merupakan tebaran pigmen atau warna cair pada permukaan bidang datar (kanvar panel dinding kertas) untuk menhasilkan sensasi atau ilusi keruangan gerakan tektur bentuk sama baiknya dengan tekanan yang dihasilkan kombinasi unsur-unsur tersebut Ekspresi merupakan pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud gagasan perasaan) dari hasil pemikiran dan perenungan seniman yang merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dirinya berupa hal yang mengusik bahkan menjadi tekanan batin termasuk kehidupan social bermasyarakat. Keadaan sosial Merupakan suasana/situasi yg sedang berlaku yang berkenaan dengan masyarakat. Dimana seniman juga termasuk sebagai anggota masyarakat dan suatu masyarakat tersebut memiliki stuktur berupa idiologi (nilai norma dan nilai religi). Seniman dapat bertindak sebagai saksi masyarakat atau sebagai kritikus. Sebagai kritikus dalam hal ini seniman memainkan peran keberadaan dirinya yang bebas dari nilai-nilai yang dianut masyarakatnya. Jadi meskipun seniman hidup dalam suatu masyarakat dengan tata nilai sendiri dan belajar dari tata nilai tersebut ia juga punya kebebasan untuk menyetujui atau tidak menyetujui tata nilai masyarakat itu. Dalam peran sebagai saksi masyarakat seniman dapat menjadikan keadaan masyarakat ini sebagai suatu stimulus dengan reaksi berupa sebuah karya yang bermuatan ide dan gagasan untuk dikomunikasikan kepada orang lain agar orang lain merasakan juga menyadari pemikiran dari hasil pengamatan dan sebagai pelaku dalam bermasyarakat. Dalam penciptaan karya ini menampilkan 6 karya lukis dengan media estetik berupa garis dan warna sebagai simbolisasi dari konsep media fisik berupa bahan yaitu kanvas cat akrilik pigmen cat serta alat yang variatif. menggunakan tiga teknik yaitu cipratan atas mendatar serta detail dengan penegasan cahaya. Proses penciptaaan ini diawali dari pengembangan ide gagasan membuat rancangan awal berupa sketsa proses penerapan teknik dalam hal ini visualisasi karya dan finishing karya. Berdasarkan hasil penciptaan diharapkan dapat memberikan pengalaman baik yang berupa wujud proses maupun kreatifitas melalui pemikiran pencipta dalam berkreasi seni dalam hal penciptaan karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item View Item