Kegiatan melukis kaca siswa kelas XI IPS 1 pada pembelajaran seni rupa semester 2 (genap) di SMA Negeri 2 Batu / Tiara Astriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan melukis kaca siswa kelas XI IPS 1 pada pembelajaran seni rupa semester 2 (genap) di SMA Negeri 2 Batu / Tiara Astriani

Astriani, Tiara (2012) Kegiatan melukis kaca siswa kelas XI IPS 1 pada pembelajaran seni rupa semester 2 (genap) di SMA Negeri 2 Batu / Tiara Astriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Melukis kaca Siswa XI IPS Pembelajaran Seni Rupa SMA 2 Batu Kreatifitas siswa SMA yang berkembang memerlukan variasi kegiatan baru dalam pembelajaran seni budaya untuk menambah pengalaman baru bagi siswa. Variasi tersebut yaitu melu kis dengan media kaca. Tujuan penelitian ini ada lah untuk mengetahui proses pembela jar an lukis kaca di SMAN 2 Batu hasil krea tifitas siswa dan fak tor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajarannya. Pene litian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan obse rva si wawancara dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melukis kaca pada sis wa kelas XI IPS I belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hasil dari segi tema kom-posisi variasi warna yang digunakan masih belum maksimal. Sela in itu minat siswa menurun saat melakukan proses pembelajaran. Siswa ma sih merasa kesulit an dalam men cari ide dan melakukan proses pembuatan sket gambar. Dalam pro ses pewarnaan siswa hanya menggunakan bahan seadanya saja tanpa ada usaha un tuk menampilkan karya yang maksimal. Hal itu disebabkan ka rena da lam pem-belajaranya guru tidak menggunakan metode dan pendekatan yang te pat. Terdapat beberapa faktor yang mendukung proses pembelajaran lukis kaca diantaranya yaitu dari pihak sekolah dan orang tua yang mendu kung sepenuhnya proses pembe lajar an lukis kaca. Selain itu biaya yang digunakan ekonomis dan mudah menda patka alat dan bahan. Faktor penghambat dalam pembelajaran lukis kaca yaitu ke tidak siapan guru diantaranya RPP metode dan pendekatan yang ku rang mendu kung waktu dan sarana yang terbatas sehingga proses melukis kaca tidak bisa dikerjakan sepenuhnya disekolah. Dari hasil penelitian disarankan model pembe lajar an metode dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dirancang secara mudah dan dapat dicerna oleh siswa. Isi materi pembelajaran sebaiknya mengikuti kurikulum yang berlaku. Pihak sekolah sendiri diharapkan mendukung proses pembelajaran seni dengan menyediakan ruang khusus untuk pembelajaran seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item