Nagara, Angga Satrya Atma (2012) Keefektifan multimedia dalam pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Grujugan Bondowoso / Angga Satrya Atma Nagara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Keefektifan Multimedia Pembelajaran Menggambar Bentuk Pendidikan seni rupa sangat berhubungan erat dengan istilah menggambar. Menggambar bentuk merupakan salah satu bahan ajar pendidikan seni rupa yang bertujuan melatih peserta didik untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial. Dengan kecerdasan visual spasialnya peserta didik dapat menggali ide bentuk dan keruangan serta dapat mengkomunikasikannya secara visual. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Grujugan Bondowoso. Serta untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menggambar bentuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan dalam situasi wajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Untuk mejaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data paparan data verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Grujugan Bondowoso dapat dikatakan efektif karena dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebagai wujud dari perbaikan perilaku belajar siswa yang semakin memiliki kepercayaan diri untuk mengembangkan potensi kepribadiannya secara optimal.Penerapan materi menggambar bentuk dengan menggunakan multimedia pembelajaran dapat memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar bentuk. Kemampuan menggambar bentuk siswa semakin meningkat sebagai wujud perkembangan kecerdasan visual spasial perkembangan kemampuan berkreasi dan apresiasi karya seni rupa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan individu dari 40% menjadi 96 42% setelah diterapkan penggunaan multimedia pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12647 |
Actions (login required)
View Item |