Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Usaha Pariwisata di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Usaha Pariwisata di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang

Purnama, Efa Lukdiana (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Usaha Pariwisata di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata dianggap sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan melibatkan masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata akan mampu untuk mempertahankan sumber daya pariwisata serta manfaatnya. Dengan adanya pengembangan pariwisata memberikan banyak manfaat terhadap masyarakat lokal seperti menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatanndan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Masyarakat lokal dapat bekerja di sektor pariwisata maupun menjalankan usaha pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat lokal dalam usaha pariwisata di Desa Karangsuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif eksploratif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pembagian kuisioner sebagai instrumen penelitian. Responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat lokal yang menjalankan usaha pariwisata di Desa Karangsuko. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS. Langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat lokal dalam usaha pariwisata di Desa Karangsuko yaitu antara lain dorongan keluarga, minat berwirausaha, kepercayaan diri, peluang usaha dan pendapatan. Faktor dorongan keluarga dipengaruhi oleh adanya dorongan dari teman dan keluarga untuk memulai usaha, penyediaan fasilitas usaha oleh keluarga, keinginan untuk melanjutkan usaha keluarga dan membangunkan usaha untuk diwariskan kepada anak. Faktor minat berwirausaha dipengaruhi oleh adanya semangat dalam menjalankan usaha, keinginan untuk bebas memutuskan dan rasa bangga menjadi pengusaha. Faktor kepercayan diri dipengaruhi oleh rasa percaya diri, mempu mengatasi situasi, tidak mudah menyerah, keinginan untuk lebih memilih menjalankan usaha, mempraktekkan pengetahuan berwirausaha, dan mengukur kemampuan sendiri. Faktor peluang usaha dipengaruhi oleh tidak dikenakannya jam kantor, peluang untuk mengoperasikan usaha, dan peluang untuk mengambil keuntungan dari lingkungan ekonomi yang baik. Sedangkan faktor pendapatan dipengaruhi oleh keinginan untuk mendapat penghasilan yang lebih baik, mendapat penghasilan tambahan, mengharapkan keuntungan yang tinggi dan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, masyarakat lokal, pengembangan pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:34
Last Modified: 01 Mar 2022 03:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item