Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi / Nur Kholis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi / Nur Kholis

Kholis, Nur (2019) Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi / Nur Kholis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholis Nur. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Beajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si Ak. Kata kunci kecerdasan emosional minat belajar hasil belajar akuntansi dasar kepercayaan diri. Kebanyakan program pendidikan saat ini hanya berfokus pada kecerdasan intelektual tanpa memandang pentingnya kecerdasan emosional. Sebenarnya yang diperlukan saat ini seperti ketangguhan inisiatif optimisme kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam proses belajar sering ditemukan siswa yang memiliki intelegensi tinggi tetapi memperoleh hasil belajar yang rendah dan ada siswa yang intelegensinya rendah namun hasil belajarnya tinggi. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu adalah rendahnya minat belajar siswa khususnya akuntansi dasar. Kecerdasan emosional dan minat belajar yang tinggi mampu mendorong siswa untuk berusaha lebih giat dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi dasar (2) apakah kepercayaan diri dapat memperkuat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi dasar (3) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar (4) apakah kepercayaan diri dapat memperkuat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian explanatory research dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dari penelitian in yaitu kecerdasan emosional () dan minat belajar (). Variabel terikat yaitu hasil belajar akuntansi dasar (Y) dan variabel moderasi yaitu kepercayaan diri (Z). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu yang berjumlah 93 siswa dengan sampel sebanyak 75 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dasar dengan tingkat Sig 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126371

Actions (login required)

View Item View Item